Ahad 12 Apr 2020 19:56 WIB

PMI Semprot Disinfektan Berskala Besar di Jabodetabek

tahap pertama, PMI memfokuskan area di wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Akbar
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I melakukan penyemprotan disenfektan di sejumlah area publik yang berada di sekitar wilayah kerjanya.
Foto: Pelindo I
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I melakukan penyemprotan disenfektan di sejumlah area publik yang berada di sekitar wilayah kerjanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan operasi penyemprotan disinfektan berskala besar di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19.

Komite Operasi penanganan Covid-19 PMI Husain Abdullah mengatakan, dalam skala besar ini, PMI mengerahkan lebih banyak armada dan relawan dibandingkan penyemprotan sebelumnya.

"Setidaknya PMI mengerahkan 10 unit mobil Gunner di mana setiap unitnya didampingi 1 unit pengisi ulang cairan disinfektan," ujar Husain dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Ahad (12/4).

Ia mengatakan, pada tahap pertama, PMI memfokuskan area di wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya. Selanjutnya, PMI akan menjangkau  wilayah lainnya secara lebih luas.

Husain mengungkap, PMI mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak aman saat operasi penyemprotan disinfektan dilakukan.

"Masyarakat yang dilalui oleh operasi penyemprotan ini agar tetap menjaga jarak, dan sedapat mungkin membuka pintu rumah dan jendelanya agar cairan disinfektan dapat masuk dan tidak perlu khawatir karena cairan disinfektan yang digunakan PMI aman bagi manusia” ujar Husain

Pemberangkatan armada penyemprot disinfekatan PMI dimulai dari lokasi gudang darurat PMI jalan Gatot Subroto Jakarta. Saat ini armada penyemprot PMI telah menjangkau 50 persen dari wilayah yang direncanakan dan sejauh ini berjalan lancar.

"Masyarakat nampaknya mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah sehingga memudahkan akses bagi armada penyemprot PMI untuk melakukan tugasnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement