Ahad 12 Apr 2020 19:40 WIB

Disebut Positif Corona, Gubernur Sumbar: Saya Sehat!

Janganlah buat situasi yang sudah darurat ini malah jadi semakin panik.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Akbar
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno
Foto: Republika/ebrian Fachri
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meyakinkan publik bahwa dirinya negatif dari virus corona. Irwan membantah informasi yang beredar di sosial media yang menduga dan menyebut dirinya positif covid-19.

"Saya sehat begini. Saya sudah diperiksa oleh Pak Andani (Kepala Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand) dan dinyatakan negatif," kata Irwan, Ahad (12/4).

Irwan Prayitno mengaku dirinya bersama Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan beberapa orang lainnya menjalani pemeriksaan swab di Lab FK Unand setelah ikut terlibat kontak dengan Kepala Bidang SDM Dinas Kesehatan Sumbar Lila Yanwar sekitar dua pekan lalu. Lila merupakan salah satu pasien positif covid-19 Sumbar yang sudah dinyatakan sembuh.

Irwan menambahkan seandainya dirinya dinyatakan positif corona, ia sudah tidak akan beraktivitas lagi seperti hari ini meninjau kesiapan RS Unand sebagai RS rujukan covid-19.

"Kalau saya positif tentu saya sudah isolasi. Kasihan nanti semuanya kena. Jadi janganlah sebarkan informasi yang tidak benar," ucap Irwan Prayitno.

Gubernur Sumbar meminta supaya tidak ada lagi warga Sumbar yang menyebarkan informasi tidak benar. Yang menerima informasi tidak benar kata Irwan juga harus melakukan klarifikasi supaya tidak semakin membuat panik warga lainnya.

Irwan mengatakan tanpa informasi hoaks saja, semua warga Sumbar sudah panik karena tidak mau ikut tertular virus corona.

"Janganlah buat situasi yang sudah darurat ini malah jadi semakin panik. Ini saja sudah ada pasien meninggal jenazahnya ditolak. Perawat tidak lagi diterima kehadirannya karena dianggap pembawa virus dari rumah sakit," kata Irwan menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement