Ahad 12 Apr 2020 18:44 WIB

Atasi Covid-19, Pemprov Banten Perlu Tingkatkan Koordinasi

Atasi Covid-19 Jika koordinasi lemah, bisa tumpang tindih program.

Koordinasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dalam penanganan virus Corona atau Covid-19 dinilai perlu ditingkatkan. Bupati dan walikota perlu diajak  komunikasi lebih jauh perihal program maupun anggaran khusus Covid-19.
Foto: istimewa
Koordinasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dalam penanganan virus Corona atau Covid-19 dinilai perlu ditingkatkan. Bupati dan walikota perlu diajak komunikasi lebih jauh perihal program maupun anggaran khusus Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Koordinasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dalam penanganan virus Corona atau Covid-19 dinilai perlu ditingkatkan. Bupati dan walikota perlu diajak  komunikasi lebih jauh perihal program maupun anggaran khusus Covid-19.

Hal tersebut terungkap dalam kunjungan kerja Sekretaris Komisi V DPRD Banten Fitron Nur Ikhsan dengan Walikota Serang Syafrudin, Ahad (12/4). "Kalau koordinasinya baik, Pemprov paham apa kekurangan yang dibutuhkan Kota Serang. Tinggal mereka bantu kami, sesuai kewenangan," kata Syafrudin. 

Ia mengaku, bersama pemerintah kabupaten/kota yang lain, baru sekali diundang Gubernur Wahidin Halim, ketika awal-awal kasus Covid-19 muncul. Selanjutnya, ia  mendapat informasi bahwa Pemprov Banten akan membeli lahan untuk pemakaman korban Covid-19.

"Misalnya lagi, kami melakukan penyemprotan disinfektan di Terminal Pakupatan, Pemprov juga melakukan. Harusnya kan koordinasi dulu, ajak kami bicara soal apa yang mau Pemprov bantu," ujarnya. 

Menurutnya, Pemkot Serang bersama pemerintah kabupaten/kota sudah melakukan pergeseran anggaran untuk Covid-19. Namun Gubernur malah meminta agar pemerintah kabupaten/kota melakukan pergeseran anggaran dari bantuan keuangan Pemprov Banten. "Kami ingin Covid-19 tertangani, tapi pembangunan prioritas juga tetap jalan. Nanti saya mau kirim surat keberatan soal keputusan (pergeseran bankeu Pemprov) itu," katanya.

Sekretaris Komisi V DPRD Banten Fitron Nur Ikhsan menyesalkan masalah ini. "Banyak kebijakan anggaran yang harus dikoordinasikan antara kabupaten/kota dengan provinsi. Tapi ini walikota dan bupati tidak diajak bicara secara komprehensif," ujarnya. 

Menurutnya, Pemprov tidak bisa menghadapi kasus Covid-19 sendiri. Butuh bantuan pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat secara bersama. Jika koordinasi lemah, bisa tumpang tindih program.  "Pemprov sudah benar fokus ke penyediaan RS rujukan. Tapi tindakan pencegahan dan mitigasi bagusnya dilakukan daerah, dengan terlebih dahulu diajak bicara," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement