Ahad 12 Apr 2020 17:04 WIB

AFPI Serahkan Bantuan Senilai Rp 250 Juta

Langkah AFPI diharapkan diikuti lembaga lainnya

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Hiru Muhammad
Serah terima bantuan donasi untuk APD bagi tenaga medis dilakukan pada hari Selasa (31/3) di Kantor AFPI Centennial Tower, Jakarta Selatan. Bantuan tersebut diserahkan AFPI oleh Kuseryansyah selaku Ketua Harian AFPI kepada Rumah Zakat yang di wakili oleh Irvan Nugraha Chief Marketing Officer Rumah Zakat.
Foto: Rumah Zakat
Serah terima bantuan donasi untuk APD bagi tenaga medis dilakukan pada hari Selasa (31/3) di Kantor AFPI Centennial Tower, Jakarta Selatan. Bantuan tersebut diserahkan AFPI oleh Kuseryansyah selaku Ketua Harian AFPI kepada Rumah Zakat yang di wakili oleh Irvan Nugraha Chief Marketing Officer Rumah Zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) bersama sejumlah anggotanya menyerahkan bantuan senilai Rp 250 juta. Donasi itu merupakan tahap kedua yang dilakukan AFPI setelah sebelumnya diberikan melalui  Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Donasi kali ini diserahkan Ketua Umum AFPI Adrian Gunadi dan diterima oleh Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Andre Rahadian. Disaksikan pula oleh Tenaga Ahli Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Egy Massadiah.

Ketua Umum AFPI Adrian Gunadi mengatakan, bangun tersebut merupakan wujud nyata AFPI dan seluruh anggota, berpartisipasi ikut meringankan tugas Gugus Tugas dan seluruh tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan wabah Covid-19. "Kami yakin kita bisa menghadapi situasi sulit ini,” ujarnya lewat keterangan resmi pada Ahad, (12/4).

Kolaborasi ini menjadi solusi terbaik dalam memerangi pandemi Corona. Diharapkan, seluruh masyarakat turut melawan wabah dengan menaati dan patuh terhadap anjuran Pemerintah sehingga rantai penyebaran virus ini dapat terputus.

Dalam kesempatan sama,Egy memberikan apresiasi kepada AFPI yang ambil bagian. Ini menunjukkan sinergi nyata bagi percepatan penanganan Covid-19.

“Kami mengapresiasi upaya Fintech Lending yang telah membantu upaya percepatan melawan Covid-19. Semoga upaya  ini dapat diikuti  lembaga lainnya karena bersatu adalah solusi terbaik untuk bersama mengentaskan pandemi Covid-19," ujarnya. 

Perlu diketahui, sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak Covid-19, AFPI bersama 57 anggotanya menggelar program donasi. Pada tahap pertama sebelumnya, AFPI memberikan donasi Alat Pelindung Diri (APD) sejumlah 185 paket senilai total lebih dari Rp 300 juta dan bekerjasama dengan Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan Aksi Cepat Tanggap (ACT). 

AFPI akan mendistribusikan program bantuan ini menjadi beberapa tahap guna pemerataan penerimaan bantuan di banyak wilayah. Pada tahap kedua kali ini, AFPI menyerahkan bantuan berupa donasi kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan paket Alat Pelindung Diri (APD) kepada sejumlah rumah sakit di DKI Jakarta.

Dari 161 anggota AFPI, hingga kini ada 57 perusahaan yang sudah memberikan donasinya. Ke-57 platform tersebut anatar lain meliputi RupiahCepat, DanaRupiah, PinjamDuit, Optima, AdaKami, Modal Rakyat, ProsperiTree, Tunai Kita, Amartha, Danafix, Investree, PinjamYuk, Cicil, Akseleran, Sayamodalin, Pinjam modal, KlikAcc, Lahansikam dan lainnya. 

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Januari 2020, nilai akumulasi penyaluran pinjaman dari Fintech Lending di Indonesia mencapai Rp 88,4 triliun atau meningkat hampir 240 persen secara tahunan. Saat ini layanan Fintech Lending sudah menyasar di beberapa daerah untuk melayani kebutuhan masyarakat dan UMKM khususnya unbanked dan undeserved. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement