Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

2 Remaja Tenggelam di Pelabuhanratu Ditemukan Meninggal

Sabtu 11 Apr 2020 20:45 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu

Ilustrasi Tenggelam

Ilustrasi Tenggelam

Foto: Foto : MgRol112
Dua Korban berasal dari Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Tim SAR gabungan menemukan dua korban tenggelam di Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (11/4). Keduanya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

"Satu korban terakhir dari dua remaja yang tenggelam di Pantai Karangsari, Palabuhanratu akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Sabtu siang tadi sekitar pukul 13.55 WIB,'' ujar Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR. Korban yang teridentifikasi atas nama Robi (16 tahun) ditemukan pada radius 300 meter dari lokasi kejadian dan langsung dievakuasi menuju RSUD Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Sebelumnya pada Sabtu pagi sekitar pukul 08.30 WIB korban atas nama Farel (13) sudah lebih dulu ditemukan oleh tim SAR gabungan. Korban ditemukan pada radius 500 meter dari lokasi kejadian juga dalam keadaan meninggal kemudian.

Selanjutnya bisa diidentifikasi setelah keluarga korban tiba di RSUD Palabuhanratu. "Korban terakhir dari dua remaja yang tenggelam sudah kita temukan siang ini, saya mewakili pemerintah mengucapkan turut berbela sungkawa atas kejadian ini," terang Hendra.

Ia mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh personil tim SAR gabungan yang telah secara maksimal. Meskipun dalam suasana pandemi Covid-19 melakukan pencarian hingga kedua korban ditemukan.

Unsur SAR gabungan dalam operasi SAR melibatkan puluhan personil. Di antaranya terdiri dari Pos SAR Sukabumi, Polair Palabuhanratu, Polsek Palabuhanratu, Koramil Palabuhanratu, SAR Khatulistiwa, Pramuka Peduli Kabupaten Sukabumi, IEA, RAPI Sukabumi, KNPI Sukabumi, Balawista, nelayan sekitar, dan keluarga korban.

Sebelumnya, ungkap Hendra, pada Sabtu pagi sekitar pukul 07.00 WIB personil SAR gabungan melakukan operasi SAR dengan membagi area pencarian menjadi 3 (tiga). Di mana pada SRU pertama melakukan penyisiran menggunakan rubber boat di sekitaran lokasi kejadian dengan luas area 0,3 NM.

SRU kedua melakukan penyisiran menggunakan rubber boat dimulai dari titik terluar SRU pertama dengan luas area 0,8 NM, kemudian SRU ketiga melakukan pencarian visual sejauh 2,5 KM dari lokasi kejadian. Dengan ditemukannya korban maka Operasi SAR dinyatakan ditutup dan seluruh unsur SAR gabungan kembali ke kesatuannya masing-masing.

Seperti diketahui kedua korban yang merupakan remaja asal Bogor ini bersama rombongan 14 orang lainnya tiba di Pelabuhan Ratu dan beristirahat di masjid pada jumat (10/4) sekitar pukul 02.00 WIB. Korban yang bernama Farel Dwi Cahyono (13) dan Robi (16) kemudian nekat mandi di Pantai Karangsari meskipun sudah diperingatkan oleh teman-temannya untuk tidak mandi karena keadaan pada saat itu masih malam dan gelap. Namun beberapa menit kemudian kedua korban pun akhirnya terseret ombak sekitar pukul 03.00 WIB hingga akhirnya terbawa ke tengah dan tenggelam.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA