Sabtu 11 Apr 2020 14:00 WIB

Sajian Seafood Sehat dan Segar

Disarankan menggunakan kaldu ayam kampung.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
seafood mushroom soup
Foto: Raisan Al Farisi
seafood mushroom soup

REPUBLIKA.CO.ID, Sajian makanan laut atau seafood tidak pernah kehilangan penggemar. Dengan kreasi dan inovasi, sajian /seafood/ tetap saja mampu menggoyang lidah penggemarnya.

Sous Chef dari Millennium Hotel Sirih Jakarta, Chef Zaini, menjelaskan sejumlah menu yang menggunakan bahan dasar seafood di antaranya adalah Norwegian Salmon Yu Sheng. Untuk Yu Sheng sendiri berisikan berbagai macam bahan makanan berupa sayuran dan buah, di antaranya ada timun, wortel, lobak juga jeruk bali ditambah dengan kacang wijen dan saus plum.

Salmon biasanya hanya dijadikan untuk toping saja. Bagi yang menginginkan toping lain bisa diganti dengan abalon, makanan laut sejenis tiram berukuran besar. "Bisa pakai salmon kalau mau agak murah. Kalau mau yang mahal pakai abalon," ujarnya.

Ada pula menu Braised Angsio Seafood with Crab Claw. Ini adalah sup yang kuahnya agak kental. Isinya berbagai macam seafood seperti cumi, udang dan ikan. Sementara untuk toppingnya diberikan daging cangkang kepiting.

Chef Zaini mengatakan kaldu ayam kampung digunakan untuk kuahnya. Rasanya sangat gurih berbeda dengan kaldu ayam negeri. "Jika pakai (kaldu) sintetis, rasa makanannya hambar kurang mengena. Kalau tambahkan kaldu ayam kampung bisa ada rasanya," ungkapnya.

Proses pembuatan kaldunya pun berbeda.  Direbus dengan api kecil supaya tetap bening selama dua jam kemudian diambil kuahnya saja.

Selain itu, hadir pula menu Steamed Red Snapper with Hongkong Sauce. Ini adalah ikan kakap merah dengan saus yang terbuat dari bawang merah yang ditumis ditambah dengan daun bawang, daun ketumbar, jeruk nipis, gula, kaldu ayam, dan lainnya. "Tidak pakai bawang putih. Kita pakai bawang merah digeprek saja wangi di situ. Minyak wijen tidak ketinggalan,''ujarnya.

Berminat mencoba?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement