Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Ini Pesan Dokter Kulit Saat Pandemi Covid-19

Sabtu 11 Apr 2020 11:12 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Berada di rumah bukan berarti mengabaikan kesehatan kulit. Ilustrasi.

Berada di rumah bukan berarti mengabaikan kesehatan kulit. Ilustrasi.

Foto: healthtrition.com
Berada di rumah bukan berarti mengabaikan kesehatan kulit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Dokter spesialis kulit Eddy Karta mengatakan slogan #dirumahaja saat pandemi corona terkadang membuat orang abai dengan perawatan kulit, khususnya wajah. Menurut dia, berkurangnya kegiatan rutin yang membuat kondisi wajah tidak banyak bersentuhan dengan sinar matahari, debu, dan polusi kadang membuat lalai untuk membersihkan wajah pada waktunya.

“Kegiatan di rumah saja untuk daerah tropis tetap harus diimbangi dengan mencuci wajah secara teratur," kata dia dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu (11/4).

Kegiatan di rumah saja kadang membuat pola tidur juga berubah yang pada sebagian malah tidur larut. Hal ini membuat kulit tidak beregenerasi dengan optimal. Belum lagi dehidrasi dapat membuat wajah berminyak dan selanjutnya membuat wajah tidak segar.

Eddy mengatakan momen di rumah saja sebenarnya bisa menjadi kesempatan baik untuk perhatian lebih pada diri sendiri salah satunya dengan merawat wajah. Kita bisa mulai dengan penggunaan pembersih wajah untuk menjaga kelembapan kulit sekaligus meningkatkan kolagen kulit.

Kolagen merupakan protein penting dalam tubuh. Namun seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun sehingga menyebabkan kulit menjadi kurang elastis dan muncul garis-garis halus atau keriput. Selain itu sejumlah kondisi dapat memperparah produksi kolagen seperti pola makan, stres, dan pola tidur yang tidak teratur.

Saat ini ada beragam produk perawatan kulit yang membantu meningkatkan elastisitas kulit. Satunya yang produk facial foam yang menghasilkan whip atau busa. Tekstur ini diklaim membuat proses membersihkan wajah dapat dilakukan sempurna hingga ke dalam pori-pori, menjadikan wajah bersih, lembap, dan terawat. Selain itu, proses mencuci wajah menjadi lebih higienis karena tangan tidak langsung bersentuhan dengan wajah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA