Jumat 10 Apr 2020 22:41 WIB

Percepat Hasil Tes Swab, BBTKLPP DIY Tetap Buka Saat Libur

Satu hasil tes swab Covid-19 ini membutuhkan waktu yang lama.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ilusrasi uji swab covid-19.
Foto: Antara
Ilusrasi uji swab covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) DIY, tetap akan melakukan uji laboratorium dari tes swab Covid-19 yang sudah dilakukan di hari libur. Sehingga, hasil laboratorium dapat cepat diselesaikan mengingat keluarnya hasil laboratorium tes swab ini membutuhkan waktu lama.

"Kami sedang berupaya menyelesaikan hasil tertunda. Jumat, Sabtu dan Ahad lab BBTKLPP tetap buka," kata Kepala BBTKLPP DIY kepada wartawan, Jumat (10/4).

Terkait laboratorium yang dapat melakukan uji laboratorium mandiri, DIY sudah menambah dua laboratorium. Yakni laboratorium di RSUP Dr. Sardjito dan laboratorium di Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X sebelumnya mengatakan, dengan total tiga laboratorium di DIY akan mempercepat keluarnya hasil tes yang sudah dilakukan. Sebab, satu hasil tes swab Covid-19 ini membutuhkan waktu yang lama bahkan di BBTKLPP DIY membutuhan waktu dua minggu bahkan lebih.

 

"Masih dua minggu keluar hasilnya. Itu sudah 14 hari pasien ini terlantar. Kalau bisa lebih cepat menyelesiakan itu. Kemarin lab ini tambah dua dan harapan saya bisa lebih cepat keluar hasilnya," kata Sultan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement