Jumat 10 Apr 2020 17:35 WIB

Sadio Mane Siap Tinggalkan Liverpool, Jika…

selama di Liverpool dia sudah tampil luar biasa dan pantas naik podium

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Sadio Mane pada laga liga Inggris antara Liverpool melawan Newcastle United di Stadion Anfield, Liverpool, Sabtu (14/9).
Foto: Peter Powel/EPA EFE
Sadio Mane pada laga liga Inggris antara Liverpool melawan Newcastle United di Stadion Anfield, Liverpool, Sabtu (14/9).

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL — Mantan pemain Internasional Senegal, Diamonsy Kamara berpendapat Sadio Mane mungkin perlu meninggalkan Liverpool jika ingin meraih penghargaan paling bergengsi dalam sepakbola, Ballon d’Or.

Pada pemilihan Ballon d’Or 2019, Mane hanya berada di urutan keempat dalam jumlah perolehan suara. Dalam sebuah wawancara dengan the Times, Mane menyatakan kembali ambisinya untuk meraih gelar tersebut sekaligus orang kedua di Afrika setelah George Weah pada 1995.

Namun, Kamara khawatir jika rekan satu negaranya itu tak akan mewujudkan ambisinya itu jika tetap bertahan bersama the Reds.

"Jika Mane, suatu hari ingin memenangkan Ballon d'Or, ia mungkin harus meninggalkan Liverpool karena klub mungkin bukan pendukung terbaik baginya, meskipun penampilan mereka luar biasa," kata Kamara kepada ESPN.

Mane perlu sedikit mengambil jalan lagi dengan memperkuat tim yang berpotensi mengantarkan kepada ambisinya itu. Pasalnya, selama di Liverpool dia sudah tampil luar biasa dan pantas naik podium bersama klubnya musim ini.

Disamping itu, Kamara melihat Liverpool tak melihat Mane sebagai pemain satu-satunya yang di dewakan. Orang-orang di Liverpool justru banyak yang membicarakan tentang kehebatan Virgil van Dijk yang menjaga lini pertahanan.

Pemain asal Belanda itu pun mengungguli Mane dalam daftar suara pemilihan Ballon d’Or yaitu diurutan kedua dengan 679 poin. Dia menyarankan Mane agar hijrah ke Real Madrid. Bersama Los Blancos peluang meraih Ballon d’Or akan semakin terbuka.

"Mempertimbangkan nilainya di pasar, mengingat kualitas tim yang ia mainkan, tidak ada banyak klub lain yang bisa ia datangi hari ini untuk melakukan lompatan besar. Jadi kita harus bicara tentang Real Madrid,” Kamara menambahkan.

Gaya permainan Mane pun dinilai cocok dengan permainan tim kebanggan masyarakat ibu kota Spanyol itu. Kamara sangat berharap dia berseragam Madrid. Apalagi dia mengklaim, pelatih Madrid, Zinedine Zidane menyukainya.

Selain Madrid, Barcelona, Paris Saint-Germain (PSG) dan Juventus dapat menjadi tujuan Mane. Kamara menegaskan hanya empat klub tersebut yang berpotensi membawa dia meraih Ballon d’Or.

Mane musim ini telah mencetak 14 gol dan tujuh assist di Liga Inggris. Ia diambang mengangkat tropi Liga Inggris kali pertama kali bagi Liverpool setelah 30 tahun penantian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement