Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

Jubir Covid-19: Masa Inkubasi Corona di Indonesia 5-6 Hari

Jumat 10 Apr 2020 16:15 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Andri Saubani

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. (ilustrasi)

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. (ilustrasi)

Foto: ANTARA FOTO
Masa inkubasi virus corona di Indonesia diketahui dari evaluasi penambahan kasus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, masa inkubasi virus corona di Indonesia selama 5 sampai 6 hari. Dengan demikian, kata dia, masa inkubasi ini lebih cepat dibandingkan rata-rata yang menyebutkan 14 hari.

"Namun data yang kita miliki bahwa rata-rata inkubasi yang terjadi di negara kita adalah pada kisaran antara lima sampai enam hari," ujar Yurianto dalam video telekonferensi di Jakarta, Jumat (10/4).

Baca Juga

Ia menutukan, waktu masa inkubasi ini diperoleh berdasarkan hasil evaluasi penambahan jumlah kasus baru virus corona selama ini. Artinya, kasus positif yang didapatkan setiap harinya merupakan kasus yang terinfeksi pada lima sampai enam hari yang lalu.

"Oleh karena itu gambaran penambahan kasus hari demi hari itu adalah merepresentasikan apa yang terjadi di lima sampai enam hari yang lalu," kata Yurianto.

Ia tetap mengimbau masyarakat melaksanakan phsysical distancing atau menjaga jarak fisik. Hal itu diimplementasikan dengan bekerja dari dumah, belajar dari rumah, dan ibadah dari rumah.

Menurut Yurianto, masyarakat belum melaksanakan dengan baik imbauan jaga jarak tersebut demi mencegah penyebaran virus corona. Sebab, sampa hari ini kasus positif corona masih terus bertambah.

Data per Jumat (10/4), sebanyak 219 kasus terkonfirmasi positif corona sehingga totalnya mencapai 3.512. Sementara, penambahan 30 pasien yang sembuh menjadi 282 pasien, sedangkan pasien meninggal bertambah 26 orang menjadi 306 orang.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA