Sabtu 11 Apr 2020 03:00 WIB

5 Cara Memulihkan Gejala Ringan Covid-19 di Rumah

Ketika mengalami gejala ringan Covid-19, orang dianjurkan memulihkan diri di rumah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Demam. Ketika mengalami gejala ringan Covid-19, orang dianjurkan memulihkan diri di rumah.
Foto: Health
Demam. Ketika mengalami gejala ringan Covid-19, orang dianjurkan memulihkan diri di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Virus Covid-19 menjadi virus yang kini mengancam kehidupan umat manusia, setidaknya hingga Jumat (10/4) 1,6 juta jiwa terinfeksi di seluruh dunia. Meski begitu, sebagian besar individu yang terinfeksi virus Covid-19 hanya merasakan gejala ringan bahkan tidak bergejala.

National Health Service (NHS), layanan kesehatan di Britania Raya, menganjurkan mereka yang bergejala ringan untuk memulihkan kondisi di rumah, sebab sejatinya virus bisa sembuh sendiri. Lalu bagaimana cara terbaik untuk memulihkan kesehatan dari rumah? Berikut saran dari NHS seperti dilansir The Guardian, Jumat (10/4).

Baca Juga

1. Lindungi paru-paru

Seorang dokter ahli penyakit menular di Liverpool School of Tropical Medicine, Tom Wingfield, menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan paru. Caranya cukup sederhana, yakni dengan berhenti merokok, menghindari asap rokok, serta rutin berolahraga.

"Salah satu kelebihan dari karantina di rumah adalah mengurangi polusi udara yang dihirup,” kata Wingfield.

2. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak ada suplemen ajaib untuk menguatkan imunitas tubuh secara instan. Langkah terbaik untuk imunitas kuat adalah mengurangi konsumsi alkohol, olahraga, tidur nyenyak, dan kurangi stres. Selain itu, konsumsi sayuran dan buah, berjemur di pagi hari juga penting untuk membangun kekebalan tubuh.

photo
Perbedaan gejala Covid-19, selesma, dan influenza - (Republika)

3. Beristirahatlah segera setelah Anda mulai melihat gejala

Banyak orang yang diduga terinfeksi virus mengeluh merasa kelelahan sebagai gejala awal. Jika merasakannya, salah satu cara terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh ialah beristirahat. Dengan beristirahat, tubuh bisa melawan virus secara optimal.

"Tubuh Anda menggunakan semua energinya untuk melawan virus yang menginfeksi sel demi sel. Anda mulai menggunakan energi untuk meningkatkan suhu tubuh inti Anda untuk menjadikannya lingkungan yang tidak menguntungkan bagi virus untuk bereproduksi," kata dokter NHS, Amir Khan.

4. Tetap terhidrasi

Konsultan paru di rumah sakit St Mary di London, Saira Ghafur mengatakan, ketika demam setiap individu harus minum dua hingga tiga liter air putih dalam satu hari. Hidrasi yang baik bisa meningkatkan imun tubuh dan memperlancar metabolisme.

5. Tambahkan suplemen

Suplemen bisa juga dikonsumsi untuk membantu meningkatkan imun tubuh. Namun, Khan menegaskan agar setiap orang memerhatikan dosisi suplemen yang dikonsumsi, sebab jika berlebih juga tidak akan baik bagi tubuh. Untuk vitamin C, misalnya, tubuh membutuhkan 90 mg saja, setara dengan dua buah jeruk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement