Sabtu 11 Apr 2020 00:35 WIB

Apakah Latihan Pernapasan Bisa Meredakan Gejala Covid-19?

Latihan pernapasan disebut dapat meredakan gejala Covid-19.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Box breathing merupakan latihan pernapasan yang meningkatkan sistem saraf dan membuat tenang (Foto: ilustrasi bernapas)
Foto: Pxhere
Box breathing merupakan latihan pernapasan yang meningkatkan sistem saraf dan membuat tenang (Foto: ilustrasi bernapas)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak muncul pertama kali Desember 2019, virus Covid-19 sudah menyebabkan 1,6 juta jiwa dan 95.785 kematian per Jumat (10/4). Faktanya, individu yang terpapar virus Covid-19 bisa menimbulkan beragam gejala, mulai dari gejala berat, ringan, atau malah tidak memiliki gejala sama sekali alias asimtomatik.

Bagi mereka yang hanya mengalami gejala ringan, para ahli menyarankan untuk memulihkan kondisi di rumah saja. Makan-minum dan istirahat yang cukup, olahraga sederhana, konsumsi vitamin, serta berhenti merokok diyakini bisa memulihkan kondisi dan memperkuat imunitas.

Baca Juga

Di lain sisi, ada juga yang menyarankan untuk melakukan latihan pernapasan selama masa pemulihan dari gejala ringan Covid-19. Penulis tersohor JK Rowling, contohnya, pada Senin ia berbagi sebuah video dari Sarfaraz Munshi selaku kepala perawatan darurat di rumah sakit Queen di Romford, London, Inggris, yang menunjukkan teknik pernapasan untuk meredakan gejala dan mencegah seseorang mengembangkan infeksi pneumonia sekunder.

Apakah itu membantu meredakan gejala ringan Covid-19? Dokter di National Health Service (NHS) Amir Khan mengungkapkan, latihan pernapasan mungkin bisa membantu, karena Covid-19 menyebabkan peradangan di sekitar alveoli (kantung udara di pinggir paru-paru) dan latihan pernafasan bisa membantu seseorang bernafas dengan lancar.

"Covid-19 menyebabkan peradangan di sekitar alveoli, dan ini mengurangi kapasitas paru-paru Anda. Jika Anda beristirahat dan menjaga kondisi tubuh dengan aman di rumah, maka latihan pernapasan mungkin bisa membantu," kata Khan dilansir The Guardian, Jumat (10/4).

Dokter sekaligus dosen penyakit menular di Liverpool School of Tropical Medicine, Tom Wingfield, mengatakan, orang-orang dengan asma dan mereka yang pulih dari pneumonia seringkali diajarkan teknis bernapas untuk meredakan gejala. Meskipun demikian, menurut Khan, latihan pernapasan terbaik yang harus dilakukan untuk memulihkan kondisi dari gejala ringan Covid-19 adalah dengan berolahraga.

"Olahraga akan membuat paru-paru pasien terbuka sebanyak yang mereka bisa dan coba. Olahraga juga bisa menghilangkan beberapa cairan dan bahan inflamasi," kata Wingfield.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement