Jumat 10 Apr 2020 06:17 WIB

5 Panduan Olahraga Luar Ruang Selama Covid-19

Tetap mawas diri saat melakukan olahraga luar ruang ketika pandemi Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Indira Rezkisari
Seorang wanita sedang berolahraga pagi. Ketika pandemi Covid-19 pastikan tetap memperhatikan sejumlah aspek kesehatan saat berolahraga di luar rumah.
Foto: EPA/Fazry Ismail
Seorang wanita sedang berolahraga pagi. Ketika pandemi Covid-19 pastikan tetap memperhatikan sejumlah aspek kesehatan saat berolahraga di luar rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, Olahraga secara rutin dapat membantu menjaga kebugaran tubuh di saat pandemi Covid-19. Olahraga yang dilakukan di luar ruangan juga dinilai dapat memberi manfaat bagi kesehatan mental selama pandemi ini berlangsung.

Akan tetapi, kegiatan yang dilakukan di luar rumah juga tak lepas dari risiko penularan Covid-19. Oleh karena itu, orang-orang yang ingin melakukan olahraga luar ruangan perlu lebih mawas diri.

Baca Juga

Setidaknya ada lima hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan olahraga luar ruangan selama pandemi Covid-19. Berikut ini adalah kelima hal tersebut seperti dilansir iNews UK.

Frekuensi Berolahraga

Di saat pandemi, masyarakat sebaiknya hanya melakukan satu jenis olahraga luar ruang dalam satu hari. Tak ada aturan khusus mengenai durasi berolahraga yang dianjurkan. Akan tetapi, akan lebih baik bila masyarakat meminimalisasi waktu yang digunakan untuk berolahraga luar ruang.

Jenis Olahraga

Olahraga yang dilakukan secara berkelompok tentu bukan olahraga yang dianjurkan. Beberapa contohnya adalah sepak bola, voli dan basket.

Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di luar ruangan selama pandemi Covid-19 adalah lari, berjalan kaki atau bersepeda. Tentu jenis olahraga atau latihan fisik lain juga diperkenankan selama tidak dilakukan secara berkelompok. Sebagai contoh, mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan.

Saat melakukan olahraga luar ruang, jangan lupa untuk menjaga jarak minimal 2 meter dari orang lain. Jaga jarak fisik perlu dilakukan untuk menghindari risiko penularan.

Tidak Berkendara

Masyarakat yang ingin berolahraga di luar ruangan sebaiknya memilih area yang bisa dijangkau tanpa harus berkendara. Manfaatkan saja ruang terbuka yang berjarak cukup dekat dari rumah.

Olahraga Untuk Kondisi Spesifik

Olahraga luar ruang sebaiknya tidak dilakukan lebih dari sekali dalam sehari. Akan tetapi, beberapa orang mungkin memiliki masalah kesehatan khusus yang mengharuskan mereka untuk berkegiatan di luar rumah lebih dari sekali dalam sehari. Pada kondisi ini, aktivitas fisik di luar rumah lebih dari sekali diperkenankan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement