Kamis 09 Apr 2020 15:59 WIB

Pertamina EP Pastikan Warga Sekitar CPP Gundih tak Terdampak

Fasilitas gas CPP Gundih milik Pertamina EP Asset 4 terbakar.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Nidia Zuraya
Fasilitas kilang milik PT Pertamina EP. Ilustrasi
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Fasilitas kilang milik PT Pertamina EP. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BLORA — Pertamina EP Asset 4 memastikan aktivitas warga di sekitar kompleks Central Processing Plant (CPP) Gundih, di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah tidak terdampak oleh insiden terbakarnya Thermal Oxidizer (TOX) CPP tersebut. Selain jauh dari jalan umum akses warga, lokasi CPP Gundih tersebut juga relatif jauh dari pemukiman.

Sehingga, aktivitas warga di luar area CPP Gundih tersebut tetap berlangsung normal. “Kebetulan, jelasnya, area CPP Gundih relatif jauh dari berada di tengah- tengah lahan persawahan dan jauh dari jalan umum,” ungkap Humas Pertamina EP Aset 4, Panji Galih Anoraga, Kamis (9/4).

Baca Juga

Saat ini, lanjut Galih, kobaran api yang sempat muncul sudah dapat dikendalikan dan sudah berhasil dihentikan. Tim yang menangani juga tengah melakukan stabilisasi dan plan telah dishutdown dulu.

Sumur- sumur gas yang mengakses ke CPP ini juga dimatikan terlebih dahulu untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Jadi setelah api sempat berkobar sekitar 20 menit, sudah dapat dikuasai.

“Sehingga, untuk kondisi saat ini sudah tidak ada kobaran api lagi yang keluar dari cerobong TOX yang mengalami gangguan tersebut,” tegasnya, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Kendati begitu, ia belum bisa memastikan kapan operasional CPP Gundih ini bisa normal kembali. Perihal ini masih akan dikonfirmasikan terselbih dahulu dengan tim yang yang menangani di lapangan.

“Kira- kira butuh waktu berapa lama lagi, kami belumbisa memastikan, nmun kami juga tidak ingin konsumen terganggu terlalu lama akibat dampak insiden yang terjadi di area CPP Gundih ini,” lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran terjadi kompleks CPP Proyek Pengembangan Gas Jawa (PPGJ) Gundih, di Desa Sumber,  Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (9/4) sekitar pukul 09.40 WIB.

Penyebabnya diduga berasal dari adanya gangguan di area TOX, di CPP Gundih. Dari gangguan tersebut telah mengakibatkan adanya percikan api yang berakibat munculnya kobaran api di area TOX tersebut.

Atas insiden ini Tim Penanganan Keadaan Darurat PT Pertamina EP Cepu Field langsung melakukan upaya penanganan di lokasi, dengan melakukan stabilisasi seluruh fasilitas di CPP Gundih.

Sejauh ini, fasilitas CPP Gundih merupakan penyuplai kebutuhan gas, antara lain ke PT SPP, PLTGU Tambak Lorok Semarang serta PGN Jargas Blora dan Jargas Semarang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement