Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Masjid di Tabalong Sediakan ATM Beras untuk Warga

Rabu 08 Apr 2020 18:33 WIB

Red: Ani Nursalikah

Masjid di Tabalong Sediakan ATM Beras untuk Warga. Foto ilustrasi.

Masjid di Tabalong Sediakan ATM Beras untuk Warga. Foto ilustrasi.

Foto: Republika/Prayogi
Penerima bantuan hanya bisa menggunakan ATM beras sekali dalam sepekan.

REPUBLIKA.CO.ID, TABALONG -- Pengelola masjid di Kelurahan Mabuun, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menyiapkan anjungan tunai mandiri (ATM) beras bagi warga kurang mampu yang terdampak penetapan tanggap darurat corona atau Covid-19.

Pengurus Masjid Al Mukhlisin Safrul Rijali mengatakan warga Kelurahan Mabuun dan sekitarnya di Kabupaten Tabalong mendapat kemudahan mendapatkan bantuan beras dari para dermawan atau jamaah masjid tersebut.

Baca Juga

"Kami menyiapkan ATM beras bagi kaum dhuafa dan warga diluar penerima bantuan program keluarga harapan (PKH). ATM beras membantu warga sekitar masjid di Kelurahan Mabuun hingga Desa Maburai," kata Safrul, Rabu (8/4).

Saat ini, ada 115 penerima kartu ATM beras yang bisa menikmati bantuan dari Yayasan Karyawan PT Pamapersada Nusantara, dermawan, dan jamaah masjid lainnya. Peluncuran ATM beras jamaah dan dermawan Masjid Al Mukhlisin dilakukan oleh Wakil Bupati Tabalong Mawardi dihadiri para dermawan, jamaah masjid, dan manajemen PT Pamapersada Nusantara.

Wakil Bupati Tabalong Mawardi mengatakan ATM beras ini satu inovasi yang sangat bagus di tengah wabah virus corona. "Inovasi dari takmir masjid Al Mukhlisin ini cukup efektif meminimalkan kerumunan warga di tengah wabah corona," ucapnya.

Mawardi berharap pengelola ATM bisa menjamin ketersediaan beras agar penerima bantuan bisa mendapatkannya. Sebagai salah satu perusahaan pertambangan batu bara PT Pamapersada berkomitmen membantu penyediaan beras dengan alokasi Rp 10 juta per bulan.

Deputy Project Manager PT Pamapersada, Gunarto, mengatakan kegiatan tersebut sesuai slogan perusahaan yang peduli pada masyarakat sekitar daerah operasional dengan memberdayakan sedekah. Gunarto menyampaikan telah menjalankan program bantuan paket sembako senilai Rp 300 ribu/paket bagi 300 kaum dhuafa.

Mesin ATM beras dengan kapasitas sekitar 200 kilogram ini merupakan karya salah satu jamaah masjid Al Mukhlisin, Andri Purnama yang bekerja sebagai mekanik di PT Pamapersada Nusantara. Menurut Andri, penerima bantuan cukup menempelkan kartu ATM ke mesin serta memasukkan PIN untuk mendapatkan 2,5 kilogram beras jenis siam unus.

"Identitas kartu ATM akan terekam di mesin dan penerima bantuan hanya bisa menggunakannya satu kali dalam seminggu," ujar Andri.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA