Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Tak Pernah Putus Berharap kepada Allah

Rabu 08 Apr 2020 14:47 WIB

Red: A.Syalaby

Berdoa (Ilustrasi)

Berdoa (Ilustrasi)

Foto: Republika
Kita diharuskan untuk berdoa, bahkan ketika semua ikhtiar seolah sudah tidak mungkin

REPUBLIKA.CO.ID, Pada situasi sulit seperti sekarang, doa menjadi senjata ampuh untuk kita melawan wabah bernama Covid-19.

Doa adalah sarana bagi manusia untuk me nyatakan hajat dan keperluannya ke pada Sang Pencipta. Allah SWT pun su ka kepada hamba-hamba-Nya yang mau ber doa dengan sungguh-sungguh dan memo hon kepada-Nya dengan segala kerendahan hati.

Sebagai orang yang beriman, kita diperintahkan untuk selalu berprasangka baik kepada Allah SWT. Pada saat yang sama, kita pun dilarang berputus asa dari rahmat-Nya. Karena itulah, kita diharuskan untuk berdoa, bahkan ketika semua ikhtiar seolah sudah tidak mungkin lagi membantu kita keluar dari kondisi yang paling sulit.

Mohammad Fauzil Adhim dalam bukunya Berdoalah untuk Urusan Apapun mengungkapkan, betapa banyak orang meraih kesembuhan dari sakit yang parah justru saat dokter telah memvonisnya tinggal menunggu waktu kematian. Atau seperti pelajaran yang bisa kita ambil dari Nabi Musa AS.

Ketika ia dan kaumnya menghadapi jalan buntu di depan Laut Merah karena dikejar pasukan Firaun, yang bisa dilakukan Musa hanyalah berdoa kepada Tuhannya.

Allah SWT kemudian membantu Musa dengan membelah lautan tersebut sehingga ia dan peng ikutnya bisa menyeberang mencapai Tanah Kanaan dengan selamat. Kisah ini sekaligus menjadi bukti betapa Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya dalam situasi—yang menurut ukuran nalar manu sia—teramat mustahil sekalipun.

Kisah lainnya seperti yang dialami salah seorang istri Nabi Ibrahim AS, Siti Hajar. Ia harus berlari-lari dari Shafa ke Marwah, berputar balik berulang-ulang mencari air bagi sang buah hati, Ismail AS. Namun, semua usaha yang ia lakukan itu seakan sia-sia tanpa hasil. Sampai akhirnya Allah mengabulkan doanya dengan mengaunerahkan air zamzam yang berlimpah melalui hentakan kecil kaki Ismail AS.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA