Rabu 08 Apr 2020 13:45 WIB

Baznas Bantu Sopir Bajaj Lewat Program Cash for Work

Sopir bajaj melakukan Cash for Work dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Baznas Bantu Sopir Bajaj Lewat Program Cash for Work
Foto: Baznas
Baznas Bantu Sopir Bajaj Lewat Program Cash for Work

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus memperhatikan masyarakat kecil yang terdampak wabah virus corona atau Covid-19 di daerah perkotaan. Salah satu yang dilakukan Baznas melaksanakan program Cash for Work bersama sopir bajaj.

 

Baca Juga

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Irfan Syauqi Beik mengatakan, para sopir bajaj adalah satu dari sekian banyak profesi yang terdampak wabah Covid-19. Pandemi Covid-19 ini membuat sepi penumpang dan pendapatan sopir bajaj menurun drastis.

 

"Cash for Work merupakan salah satu bentuk perhatian Baznas terhadap masyarakat atau mustahik yang terdampak krisis Covid-19 sehingga pendapatan mereka sebagai pencari nafkah berkurang," kata Irfan melalui pesan tertulis kepada Republika.co.id, Rabu (8/4).

 

Para sopir bajaj yang biasa mencari nafkah di kawasan Tebet dan Kampung Melayu bersama Baznas melakukan Cash for Work dengan menyemprotkan cairan disinfektan di sejumlah halte Transjakarta, Selasa (7/4). Mereka melakukan penyemprotan di wilayah Jakarta Pusat, di antaranya di Halte Jatinegara, Stasiun Jatinegara, Kodim, Pasar Enjo, dan Imigrasi.

"Di tengah krisis seperti sekarang ini, mereka tetap masih peduli kepada masyarakat lainnya, semoga dengan adanya Cash for Work, Baznas mampu sedikit meringankan beban mereka di tengah pendapatan mereka yang menurun akibat wabah," ujarnya.

photo
Baznas Bantu Sopir Bajaj Lewat Program Cash for Work - (Baznas)

Kepala Baznas Tanggap Bencana (BTB), Dian Mandana Putri mengatakan, program Cash for Work yang dikembangkan Baznas untuk masyarakat berpforesi rentan. Sasarannya tidak hanya sopir bajaj saja. Beberapa profesi lainnya juga diberdayakan, seperti pengemudi ojek online, angkot, tukang jahit, dan lain sebagainya.

 

Program Cash for Work memiliki kegiatan yang beragam. Di antaranya melakukan penyemprotan disinfektan dan menyalurkan distribusi kebutuhan logistik bagi para tenaga kesehatan yang berjuang menangani Covid-19.

"Baznas akan terus memfokuskan perhatian kepada para mustahik dan masyarakat yang terdampak. Di samping itu program lainnya terus dilakukan Baznas, misalnya dengan mengembangkan Kampung Tanggap Bencana Corona di 107 titik di Indonesia," kata Dian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement