Rabu 08 Apr 2020 13:14 WIB

4 Cara Jaga Keharmonisan Suami-Istri Selama Pandemi Covid-19

Suami-istri dapat merancang rutinitas yang bisa dilakukan bersama-sama.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Keharmonisan suami-istri (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Keharmonisan suami-istri (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pembatasan sosial membuat semua anggota keluarga berada di rumah. Bagi suami-istri, menghabiskan setiap waktu bersama tanpa ada variasi kegiatan di luar rumah dapat menerbitkan kejenuhan, bahkan berujung pada sejumlah drama yang tak perlu.

Pakar psikologi konseling Rachel M Allan dan praktisi psikologi positif Ruth Cooper-Dickson membagikan tips agar hubungan suami-istri tetap harmonis selama karantina mandiri. Berikut rangkumannya, seperti dikutip di laman Fox News:

1. Buat rutinitas individu dan bersama

Cooper-Dickson mengatakan, setiap individu perlu tetap mempertahankan struktur aktivitas harian. Baik suami maupun istri sebaiknya menjalani apa yang biasa mereka lakukan sepanjang hari, serta membuat rencana mengenai rutinitas normal mereka.

 

Allan menambahkan, rancang pula rutinitas yang bisa dilakukan bersama-sama. Misalnya, bangun dan pergi tidur bersama atau makan siang berdua saja. Itu akan menciptakan kebersamaan setelah mengerjakan tugas masing-masing secara terpisah.

2. Buat sedikit jarak

Saat berada di rumah, pasti ada sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan tanpa ditemani pasangan. Misalnya membaca buku, berbincang dengan teman dan keluarga secara daring, atau berpartisipasi dalam rapat kerja secara streaming.

Membuat sedikit jarak seperti itu tidak dimaksudkan untuk menjadikan relasi bersama pasangan menjadi renggang. Memiliki waktu terpisah untuk kegiatan pribadi justru memperkuat ikatan karena waktu bersama dia semakin penuh makna.

3. Komunikasi secara terbuka

Ketika berada dalam masa isolasi mandiri, ada risiko memproyeksikan kecemasan pada orang terdekat. Bentuknya bisa berupa usaha mengendalikan perilaku pasangan atau terus-menerus mencari jaminan dari pasangan, yang dapat memicu stres.

Untuk menghindari itu, Allan dan Cooper-Dickson menyarankan pasangan untuk berkomunikasi secara terbuka. Sampaikan kecemasan masing-masing, lalu bersikaplah terbuka menerima umpan balik dari pasangan tentang hal-hal yang memengaruhi kedua belah pihak.

4. Tetaplah berkencan

Berkencan tetap bisa dilakukan meski di rumah saja. Atur meja untuk makan malam romantis, dengan lilin dan lagu kesukaan. Bahkan pasangan bisa merayakan momen romantis dengan mengenakan pakaian formal serta berdandan.

Cara lain, bisa juga meringkuk di sofa menonton film lawas sambil menyantap semangkuk besar popcorn atau menghabiskan malam hanya dengan mengobrol tentang apa saja. Semua itu bisa menjadi waktu berkualitas yang sulit didapat di hari biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement