Selasa 07 Apr 2020 19:44 WIB

Pemkab Sukabumi Gandeng UMKM Produksi Masker

Masker yang dibuat melibatkan UMKM tersebut nantinya akan dibagikan gratis.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, Jawa Barat, menggandeng usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memproduksi masker (Foto: ilustrasi pembuatan masker)
Foto: Makna Zaezar/ANTARA FOTO
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, Jawa Barat, menggandeng usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memproduksi masker (Foto: ilustrasi pembuatan masker)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, Jawa Barat, menggandeng usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memproduksi masker. Nantinya dibagikan kepada masyarakat dalam upaya pencegahan COVID-19 sekaligus melaksanakan kewajiban penggunaan masker.

"Kami sengaja menggandeng para pelaku UMKM untuk membuat masker ini, karena dampak dari penyebaran COVID-19 ini dunia usaha menjadi lesu, sehingga para pelaku usaha tersebut tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan cara memproduksi masker," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Jabar, Selasa (7/4).

Baca Juga

Menurutnya, para pelaku UMKM tersebut akan diberikan pengarahan cara membuat masker yang standar atau layak. Adapun teknisnya, apakah UMKM tersebut diberikan modal usaha atau hasil produksinya dibeli Pemkab Sukabumi masih dalam pembahasan, namun yang pasti produksi masker ini harus disegerakan.

Selain itu, masker tersebut akan disebarkan ke sejumlah titik atau kecamatan maupun desa yang membutuhkan, tujuannya agar seluruh warga bisa mendapatkan alat pelindung diri tersebut. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mendata sejumlah UMKM yang siap memproduksi masker secara massal dan tentunya dengan ketersediaan masker ini juga bisa menekan harganya.

"Masker yang diproduksi ini bahannya dari kaos atau bukan sekali pakai dan bisa dicuci dan kami pun mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan masker bedah atau N95 karena diperuntukkan untuk tim medis yang sedang berjuang merawat pasien yang terpapar virus corona," tambahnya.

Marwan mengatakan, dengan menggandeng UMKM dalam pembuatan masker ini, tentunya untuk meringankan dampak dari pandemi COVID-19. Harus diakui, akibat penyebaran virus yang bisa menyebabkan kematian ini banyak pelaku usaha yang terancam bangkrut karena tidak bisa lagi melakukan produksi.

Di sisi lain, pembagian masker kepada warga khususnya mereka yang bekerja di luar rumah ini untuk membantu mereka yang kesulitan mendapatkannya. Namun demikian peraturan wajib menggunakan masker di luar rumah harus tetap dilaksanakan.

"Kami tidak hanya mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker, tetapi menyediakannya dan para pelaku usaha berskala besar pun diimbau untuk membagikan masker gratis kepada warga," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement