Selasa 07 Apr 2020 19:06 WIB

Robot Gantikan Siswa Jepang Hadiri Kelulusan

Upacara kelulusan dilakukan dari jarak jauh karena pandemik Covid-19.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Robot Gantikan Siswa Jepang Hadiri Kelulusan (Foto: robot Newme dari ANA Holdings)
Foto: University Business Breaktrough/Bustle
Robot Gantikan Siswa Jepang Hadiri Kelulusan (Foto: robot Newme dari ANA Holdings)

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Pemerintah Jepang membatalkan upacara kelulusan musim semi negara itu karena pandemi virus corona. Namun, siswa dapat menghadiri acara itu dari jarak jauh dengan mengendalikan robot avatar dari rumah masing-masing.

Robot yang dijuluki "Newme" oleh sang pengembang ANA Holdings itu dirancang dengan pakaian topi dan jubah kelulusan di Universitas Business Breakthrough di Tokyo. Wajah dipasang tablet yang dirancang untuk menampilkan wajah para lulusan yang log in dari rumah masing-masing. Siswa-siswi dapat mengendalikan robot melalui laptop mereka.

Baca Juga

Satu per satu robot menuju podium untuk menerima diploma mereka. Staf sekolah yang hadir bertepuk tangan dan mengucapkan selamat kepada “siswa.” Presiden Universitas Business Breakthrough, Kenichi Ohmae menyerahkan ijazah diploma di bagian tengah robot.

“Saya pikir ini benar-benar pengalaman baru untuk menerima sertifikat di area publik saat saya berada di ruang pribadi,” kata Kazuki Tamura melalui avatar komputernya ketika menerima diploma gelar masternya.

Universitas Business Breakthrough berharap pendekatan itu dapat diadopsi sekolah lain yang ingin menghindari pertemuan massal. Robot dapat mempraktikkan jarak sosial di tengah pandemi Covid-19. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement