Selasa 07 Apr 2020 18:55 WIB

Menkominfo Jamin Data Rapat Virtual tak Bocor 

Kemenkominfo berencana membuat aplikasi rapat virtual serupa Zoom atau Google Meet.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita
Menkominfo Johnny G. Plate
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Menkominfo Johnny G. Plate

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rapat virtual dengan menggunakan sejumlah aplikasi menjadi salah satu alternatif yang digunakan saat pandemi virus Covid-19 atau corona. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menjamin kerahasiaan data yang digunakan selama menggunakan aplikasi.

Ia menjelaskan, pihaknya telah berkoodinasi dengan Sekretariat Presiden untuk menjami kerahasiaan data. Termasuk bagi para pejabat negara yang melakukan rapat virtual.

Baca Juga

"Kerahasiaannya itu bisa terjamin dan saat ini diperhatikan sungguh-sungguh agar seluruh rapat-rapat yang dilakukan termasuk ratas-ratas yang sifatnya rahasia itu bisa dijamin," ujar Plate dalam rapat virtual dengan Komisi I DPR, Selasa (7/4).

Dengan adanya langkah yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika, ia meminta pejabat negara tak khawatir jika melakukan rapat virtual. "Untuk menjaga seluruh komunikasi penting pemerintah termasuk ratas-ratas itu dijaga dengan baik," ujar Plate.

Kendati demikian, Kemenkominfo berencana membuat aplikasi rapat virtual, serupa Zoom atau Google Meet. Salah satu yang tengah dipelajari adalah aplikasi yang dikembangkan oleh operator selular Telkomsel.

"Ini sedang mereka kembangkan yang menjadi salah satu alternatif penting pengembangan di Indonesia," ujar Plate.

Kemenkominfo juga tengah mengembangkan aplikasi serupa. Di mana pengembangannya dilakukan secara mandiri, dengan menggunakan perangkat milik kementerian.

"Aplikasi sendiri di lingkungan Kominfo untuk menggunakan dan dikendalikan yang melalui sentral kontrol Kominfo," ujar Plate. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement