Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Jelajah Virtual NASA Saat Bosan Karantina di Rumah

Selasa 07 Apr 2020 15:04 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Ada tujuh pilihan tur yang ditawarkan NASA dan bisa diakses secara virtual (Foto: tur virtual NASA)

Ada tujuh pilihan tur yang ditawarkan NASA dan bisa diakses secara virtual (Foto: tur virtual NASA)

Foto: nasa.gov
Jelajah virtual NASA membuat penontonnya seolah berwisata di luar angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berselancar di dunia maya mungkin bisa menjadi salah satu hiburan saat bosan menjalani karantina. Setidaknya, ada tujuh pilihan tur yang ditawarkan NASA dan bisa diakses secara virtual.

Dikutip dari laman Travel and Leisure, Selasa (7/4), pada 2018 NASA meluncurkan simulator Go for Flight, yang memungkinkan siapa saja untuk mengunjungi Pusat Penelitian Penerbangan Armstrong. Berkat Google Expeditions, pengunjung digital dapat mengunjungi hanggar pesawat, ruang kontrol, dan area jalan belakang tempat persiapan akhir pesawat untuk penerbangan dimulai.

Pada wisata virtual ini kita juga bisa menjelajahi pesawat Boeing 747SP yang dimodifikasi NASA untuk membawa teleskop berdiameter 106 inci hingga 45.000 kaki. Tur ini memungkinkan pengguna untuk melihat bagian luar pesawat, dan melihat satu-satunya pintu yang menutupi rongga teleskop, yang dibuka dalam penerbangan.

Selama tur virtual, para pengguna dapat melihat  dek utama pesawat, pusat kendali misi terbang, operator teleskop, ilmuwan, serta bagaimana direktur misi mengendalikan teleskop, bintang, galaksi, dan lubang hitam di luar angkasa.

Pengunjung virtual dapat melihat Pusat operasi misi Hubble Space Telescope dan Pusat Kontrol Operasi Teleskop Luar Angkasa (STOCC) di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland. Tur termasuk mengunjungi lobi untuk belajar tentang pesawat ruang angkasa, Ruang Operasi Misi, Ruang Dukungan Operasi, lorong pameran, dan bahkan tur alat yang digunakan oleh astronot untuk memperbaiki observatorium.

Ingin benar-benar keluar dari dunia? Ikuti perjalanan yang dipandu NASA melalui sistem bintang TRAPPIST-1 atau dikenal sebagai rumah dari 7 planet ekstrasurya seukuran Bumi yang mengorbit bintang dan sedikit lebih besar dari Jupiter. Pengalaman virtual menawarkan tur teleskop yang digunakan untuk menemukan tempat-tempat jauh yang dapat membuat pengunjung merasa dirinya sendirian di semesta.

photo
(Foto: ilustrasi tur virtual NASA) - (nasa.gov)
Keluarlah dari atmosfer Bumi bersama astronot NASA Suni Williams untuk tur yang jauh dari rumah, Stasiun Luar Angkasa Internasional. Tonton Williams melayang di luar angkasa dan menunjukkan semua lonceng dan peluit (dan peralatan sains) di atas lab yang mengambang ini.

Karena pengunjung virtual tidak dapat mengambil liburan yang sebenarnya saat ini, Anda mungkin akan menikmati liburan virtual dengan menjelajahi visualisasi 360 derajat dari planet dan bintang lainnya. Tur dilengkapi dengan banyak hal baru yang menarik untuk dipelajari ditambah poster yang dapat diunduh gratis yang dapat Anda cetak dan tutup.

Jika Anda akan pergi jauh di NASA akhir pekan ini, maka harus mengambil pitstop virtual di Langley Research Center, pusat lapangan tertua NASA. Pada tur virtual, para tamu dapat memeriksa terowongan angin pusat, gedung teknik terintegrasi, fasilitas penelitian komputasi, dan banyak lagi.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA