Selasa 07 Apr 2020 13:33 WIB

Gugus Tugas Harap Pasien Sembuh Corona tak Didiskriminasi

Pasien yang sembuh dari Covid-19 diharapkan tak mendapatkan perlakuan diskriminatif

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Penanganan pasien terdampak virus corona
Foto: VOA
Penanganan pasien terdampak virus corona

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR - Juru Bicara Covid-19 Tanah Datar Roza Mardiah mengaku bersyukur satu pasien positif corona di Tanah Datar sudah berhasil sembuh sejak Senin (6/4). Di hari yang sama, pasien sudah diizinkan pulang oleh tim medis yang menangani di Rumah Sakit Umum Daerah Achmad Muchtar Bukittinggi.

Roza berharap setelah kembali ke rumah, pasien yang diketahui adalah bernama Ira (41) tahun tidak mendapat perlakukan diskriminatif dari warga sekitar.

"Kami harap tidak ada diskriminasi kepada yang bersangkutan karena ia sudah dinyatakan sembuh dan dapat kembali diterima oleh masyarakat terutama lingkungan tempat tinggalnya untuk beraktifitas kembali seperti biasanya," kata Roza, Selasa (7/4).

Ira dirawat di RSAM sejak 19 Maret lalu. Ia dirujuk dari RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar setelah memiliki tanda-tanda mengidap covid-19 yakni demam dan sesak nafas sekembali dari tugas di Jakarta.

Setelah dilakukan pemeriksaan swab di  Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand), Ira dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Roza menambahkan berdasarkan rekap Posko Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanah Datar hingga kemarin, ODP di Tanah Datar sebanyak 169 orang, pasien positif dan sembuh 1 orang dan orang dalam notifikasi 6.281 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement