Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Masyarakat Harus Selektif Terima Informasi Terkait Corona

Ahad 05 Apr 2020 23:22 WIB

Red: Ratna Puspita

Virus corona (ilustrasi).

Virus corona (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Virus Corona jenis baru atau Covid-19 harus dipahami pola penyebarannya.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Ahli virus dari Fakultas Kedokteraan Universitas Hasanuddin Dr Fadly mengatakan masyarakat harus selektif menerima informasi terkait Covid-19. Ia pun menyarankan masyarakat memahami pola penyebaran Virus Corona jenis baru atau Covid-19 ini.

"Sehingga tidak mudah terpengaruh dengan informasi-informasi yang tersebar yang menyesatkan dan membuat masyarakat jadi phobia," kata Fadly di Makassar, Ahad (5/4).

Baca Juga

Dia mengatakan Covid-19 ini yang diinformasikan terbang di udara, namun bukan berarti virus ini memiliki sayap. Namun, hanya melekat pada air liur yang disemburkan melalui mulut ketika berbicara atau hidung saat bersin.

Karena itu, lanjut dia, diminta jaga jarak minimal 1,5 meter agar saat berhadapan dengan orang lain tidak kena semburan. Termasuk diminta menggunakan masker untuk mengantisipasi terkena semburan air liur yang dapat menjadi wadah bagi virus untuk berpindah dari seseorang ke orang lain.

"Rajin cuci tangan dan sebelum menyentuh hidung, mulut atau mata harus cuci tangan lebih dahulu, karena virus itu hanya masuk melalui ketiga hal itu," katanya.

Mengenai adanya informasi yang beredar terkait virus dapat hidup lama beberapa jam di plastik atau karton, lanjut dia, itu adalah penjelasan World Health Organization (WHO) terkait kondisi di Wuhan dan Italia. Kala itu, suhu di kedua kota sekitar 8 derajat celcius, sehingga virus butuh waktu berjam-jam hingga beberapa hari agar bisa kering dan mati.

Kondisi itu, berbeda dengan Indonesia yang berada di wilayah tropis dengan suhu rata-rata 32 hingga 37 derajat celcius, sehingga potensi hidup pada wadah di luar manusia relatif kecil. 

Berkaitan dengan hal tersebut, Dr Fadly mengingatkan agar masyarakat senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan selalu mencuci tangan jika dari luar rumah maupun dalam rumah untuk mengantisipasi adanya virus yang menempel di tangan atau tubuh.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA