Ahad 05 Apr 2020 17:13 WIB

Fraksi PAN Copot Mulfachri dari Pimpinan Komisi

Mulfachri merupakan penantang Zulkfili Hasan dalam perebutan kursi ketua umum.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Mulfachri Harahap
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Mulfachri Harahap

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mencopot Mulfachri Harahap dari kursi pimpinan komisi III DPR. Mulfachri digantikan oleh anggota fraksi PAN lainnya yang juga duduk di Komisi III, Pangeran Khairul Saleh.

Pergantian tersebut tertuang dalam surat Fraksi PAN dengan nomor 01.027/K-S/FPAN/DPRRI/III/2020 yang diterima Republika. Dalam surat tersebut tertulis bahwa keputusan tersebut berlaku sejak tanggal 30 Maret 2020 lalu.

Baca Juga

Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Fraksi PAN Hanafi Rais dan Sekretaris Fraksi Ahmad Yohan. Saat dikonfirmasi Ahmad membenarkan hal tersebut. 

Ahmad menyebut pergantian tersebut dalam rangka penyegaran di fraksi PAN. "(Pergantian) itu hal biasa di fraksi," kata Ahmad kepada Republika.co.id, Ahad (5/4). 

Sementara itu, anggota Fraksi PAN Pangeran Khairul Saleh ikut mengomentari penunjukan fraksi  terhadap dirinya sebagai wakil ketua komisi III DPR menggantikan Mulfachri. "Saya sebagai kader siap menjalankan amanah," ujar Khairul.

Selain itu, ia juga mengkonfirmasi  adanya surat bernomor 285-DW/KOM.III/MP.III/IV/2020, terkait pengesahan dirinya oleh Komisi III DPR yang dijadwalkan besok, Senin (6/4). Ia juga mengaku sudah menerima undangan tersebut.

"Besok itu rapat internal sekaligus pengesahan wakil pimpinan," ujarnya.

Rapat internal rencananya digelar di ruang komisi III DPR dan digelar juga secara virtual sekitar pukul 11.00 WIB. Untuk diketahui Mulfachri merupakan penantang Zulkfili Hasan dalam perebutan kursi ketua umum di kongres PAN beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement