Ahad 05 Apr 2020 12:58 WIB

Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Di Aceh Timur

Gajah betina mati diduga karena terperosok ke dalam parit.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Bangkai gajah Sumatera (elephas maximus sumatranus) liar dikerumuni lalat di Kabupaten Bengkalis, Riau.
Foto: Antara/Hadly Vavald
Bangkai gajah Sumatera (elephas maximus sumatranus) liar dikerumuni lalat di Kabupaten Bengkalis, Riau.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Seekor gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) betina ditemukan mati di kawasan hutan Desa Peunaron Lama, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, yang diduga karena terperosok ke dalam parit. "Iya ada gajah mati, kita dapat informasi Jumat (3/4) sore," kata Kapolsek Serbajadi, AKP Justin Tarigan di Aceh Timur, Sabtu (4/4).

Dia menjelaskan setelah mendapatkan informasi tersebut, selanjutnya pada Sabtu (4/4) pagi, tim gabungan dari personel Polsek Serbajadi dan petugas forum konservasi leuser (FKL) turun ke lokasi ditemani petugas pengamanan hutan (pamhut) dan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dengan menempuh perjalanan sekitar 11 kilometer.

Hasil penyusuran dan pengecekan tersebut, kata dia, ditemukan seekor bangkai gajah Sumatera dengan kondisi telah membusuk dan hanya tinggal tulang kepala.

Menurut Justin, berdasarkan keterangan dari petugas BKSDA Aceh yang ikut ke lokasi, gajah betina Sumatera tersebut diperkirakan mati sekitar dua bulan yang lalu. "Gajah berjenis kelamin betina dengan usia diperkirakan 1,5 tahun itu mati diduga karena terperosok ke dalam parit bekas aliran sungai," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement