Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

RS Rujukan Corona di Karawang Kekurangan Tenaga Medis

Sabtu 04 Apr 2020 19:16 WIB

Red: Ani Nursalikah

RS Rujukan Corona di Karawang Kekurangan Tenaga Medis.

RS Rujukan Corona di Karawang Kekurangan Tenaga Medis.

Foto: Antara/Destyan Sujarwoko
Hanya ada tiga RS rujukan Corona di Karawang.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Rumah Sakit Paru Jatisari, Kabupaten Karawang, Jabar yang menjadi salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 kekurangan perawat atau tenaga medis. Direktur Rumah Sakit Paru Annisa mengatakan saat ini Rumah Sakit Paru sedang merawat 26 pasien yang terpapar virus corona atau Covid-19.

"Dari 26 pasien tersebut, sebanyak 12 orang di antaranya merupakan pasien positif Covid-19," katanya, Sabtu (4/4).

Menurut dia, sebenarnya Rumah Sakit Paru bisa difungsikan secara maksimal untuk menangani pasien Covid-19, sesuai dengan jumlah kapasitas rawat inap. Tapi pihaknya kekurangan perawat.

Di Rumah Sakit Paru terdapat 106 tempat tidur dengan 78 untuk rawat inap. Sedangkan jumlah perawat atau tenaga medisnya hanya 54 orang. Itu tidak ideal, karena idealnya satu tempat tidur itu satu perawat untuk menangani pasien corona.

Atas kondisi itu, Rumah Sakit Paru berharap ada solusi terkait dengan kekurangan tenaga medis itu. Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Karawang Fitra Hergyana mengatakan, untuk sementara ini baru tiga rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19. Tiga rumah sakit itu ialah Rumah Sakit Paru, Rumah Sakit Hermina, dan Rumah Sakit Umum Daerah Karawang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA