Jumat 03 Apr 2020 22:32 WIB

Rusia Kirim Obat Untuk Pasien Covin-19 di Indonesia

Rusia mengirimkan obat-obatan untuk pengobatan pasien virus corona.

Rep: Lintar Satria/ Red: Bayu Hermawan
Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rusia mengirimkan obat-obatan untuk pengobatan pasien virus corona atau yang kini dikenal Covid-19. Kedutaan besar Rusia di Indonesia mengatakan telah mengirimkan Cycloferon dan Reamberin.

Dalam pernyataannya Kedutaan Besar Rusia mengatakan obat-obat itu untuk pengobatan kompleks para pasien Covid-19. Diberikan kepada pasien yang memiliki gejala sedang hingga berat.

Baca Juga

Kedutaan Rusia mengatakan obat-obat itu juga untuk mencegah agar tenaga medis tertular Covid-10 dan meningkatkan sistem imun manusia. Obat-obatan ini diserahkan oleh Polysan Ltd, salah satu perusahaan farmasi terkenal di Rusia.  

"Para spesialis Rusia telah menyerahkan skema pengobatan, serta bersedia untuk melaksanakan video konferensi dengan Kementerian Kesehatan Indonesia dan rumah sakit-rumah sakit terkait untuk penjelasan tambahan," kata Kedutaan Besar Rusia dalam pernyataanya, Jumat (3/4).  

Sebelumnya Rusia juga mengirim pesawat bermuatan bantuan medis ke Amerika Serikat (AS). Bantuan ini dikirimkan ketika jumlah kasus infeksi virus corona yang dikenal dengan Covid-19 di Negeri Paman Sam terus bertambah.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pesawat yang berisi peralatan medis dan masker itu lepas landas dari Pangkalan Udara Chkalovsky, Moskow pada Rabu (1/4) lalu. Rekaman video yang dirilis Kementerian Pertahanan memperlihatkan kardus-kardus yang berisi peralatan medis di dalam pesawat Antonov An-124.

Pengiriman bantuan ini dilakukan setelah Presiden AS Donald Trump berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin melalui sambungan telepon Senin (30/3) lalu. Kedua pemimpin itu membahas kerja sama untuk memerangi virus corona.

"Presiden (Putin) menawarkan bantuan ke rekan Amerika, dengan asumsi ketika produksi bahan baku dan peralatan medis Amerika meningkat cepat, mereka akan membalas bantuan ini jika diperlukan," kata Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov seperti dikutip oleh kantor berita Interfax.  

Sebelum Indonesia dan AS, Rusia telah mengirim pasokan medis dan tim ahli ke Italia untuk mengatasi pandemi virus corona. Kantor berita Rusia, Sputnik melaporkan Kementerian Pertahanan Rusia mengirim pesawat transportasi militer IL-76. Pesawat-pesawat itu menuju pangkalan militer Italia Pratica di Mare. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement