Sabtu 04 Apr 2020 03:16 WIB

Rwanda Ambil Utang IMF untuk Tangani Penyebaran Covid-19.

Rwanda menjadi negara pertama di Afrika yang mendapat utang IMF.

Red: Nur Aini
Bendera Rwanda
Foto: rwandaflag.facts.co
Bendera Rwanda

REPUBLIKA.CO.ID, KIGALI -- Rwanda mendapatkan pinjaman dana darurat senilai 109,4 juta dolar AS (sekitar Rp 1,8 triliun) dari Dana Moneter Internasional (IMF) untuk menangani penyebaran wabah virus corona Covid-19.

IMF, Kamis (2/4) malam mengatakan Rwanda adalah negara pertama di kawasan Afrika yang mengambil pinjaman tersebut. menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), negara di Afrika Timur itu sejauh ini melaporkan 84 kasus virus corona.

Rakyat Rwanda sedang bergulat dengan harga bahan makanan yang tinggi saat pemerintah pada Kamis mengumumkan perpanjangan karantina wilayah secara nasional selama 15 hari lagi.

"Wabah Covid-19 telah membuat ekonomi Rwanda terhenti sehingga membutuhkan neraca pembayaran yang mendesak," kata Tao Zhang, wakil direktur pelaksana IMF, dalam pernyataan.

Pinjaman tersebut, yang diberikan di bawah program Fasilitas Kredit Cepat, akan membantu negara itu menanggulangi dampak wabah Covid-19 pada perdagangan, pariwisata dan cadangan devisa, juga memungkinkan peningkatan pemenuhan kebutuhan kesehatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement