Sabtu 04 Apr 2020 00:19 WIB

Pertamina Tambah Pasokan LPG 3 Kg di Cirebon dan Indramayu

Pasokan tambahan akan digelontorkan empat hari hingga Senin (6/4).

Rep: Lilis Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Pekerja menurunkan tabung gas LPG 3 kilogram di gudang distributor.
Foto: Antara/Weli Ayu Rejeki
Pekerja menurunkan tabung gas LPG 3 kilogram di gudang distributor.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- PT Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) III Jawa bagian Barat, akan menambah pasokan LPG subsidi 3 kilogram (Kg) di wilayah Cirebon dan Indramayu. Penambahan dilakukan mulai Jumat (3/4).

Pasokan fakultatif atau penambahan alokasi itu bersifat situasional menyusul imbauan #dirumahaja yang diterapkan pemerintah setempat dalam menghadapi Covid-19.  Pasokan tambahan akan digelontorkan selama empat hari, mulai Jumat (3/4) hingga Senin (6/4) sebesar 199.320 tabung atau setara dengan 75 persen pasokan rata-rata normal selama empat hari.

Baca Juga

"Dengan demikian, pada akhir pekan nanti terdapat lebih dari 460 ribu tabung LPG melon yang beredar di Kota dan Kabupaten Cirebon, serta Kabupaten Indramayu. Penambahan pasokan ini kami lakukan untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh LPG subsidi,’’ kata Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III, Dewi Sri Utami, dalam siaran persnya.

Khusus di Kota dan Kabupaten Cirebon, Dewi menjelaskan, pasokan fakultatif LPG melon itu sebesar 120.960 tabung. Diluar pasokan tambahan tersebut, Pertamina juga tetap mengirimkan pasokan normal sebesar 155.680 tabung. 

Dengan demikian, maka total LPG 3 Kg di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon selama masa penambahan pasokan mencapai 276.640 ribu tabung. Jumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir pekan ini.

Sedangkan penambahan pasokan di Kabupaten Indramayu, lanjut Dewi, dilakukan bertahap dengan penambahan lebih dari 70 persen menjadi sekitar 187 ribu tabung. Khusus Indramayu, penambahan akan berlangsung pada Sabtu (4/4) hingga Senin (6/4).

‘’Kami memprediksi kenaikan kebutuhan LPG sejalan dengan kebijakan Pemerintah agar masyarakat beraktivitas dari rumah, sehingga meningkatkan aktivitas memasak di rumah,’’ ucap Dewi.

Namun di sisi lain, warung makan yang selama ini banyak menggunakan LPG subsidi, justru mengalami penurunan konsumsi. Hal itu turut mengurangi kebutuhan mereka akan LPG 3 Kg itu.

Dewi menegaskan, masyarakat yang berhak dapat membeli LPG subsidi dengan mudah di pangkalan LPG resmi Pertamina. Terdapat total 3.386 pangkalan dan 64 agen LPG subsidi resmi Pertamina di wilayah Cirebon dan Indramayu yang tersebar hingga seluruh desa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement