Jumat 03 Apr 2020 08:08 WIB

Dampak Covid-19, Radio BBC Lokal Siarkan Ceramah Agama Islam

Ceramah keagamaan akan disiarkan di 14 stasiun radio lokal di seluruh Inggris.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Dampak Corona, Radio BBC Lokal Siarkan Ceramah Agama Islam.
Foto: Reuters
Dampak Corona, Radio BBC Lokal Siarkan Ceramah Agama Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, LEICESTER -- Penyebaran virus corona berdampak pada ditutupnya tempat-tempat ibadah, termasuk masjid bagi umat Islam. Agar umat Islam di Inggris tetap mendapatkan layanan keagamaan, beberapa radio lokal menyiarkan ceramah agama.

Seperti di Leicester, radio lokal memiliki slot dakwah dan doa untuk agama Islam pada hari Jumat. Selama pandemi corona, sejak Jumat (3/4), komunitas Muslim di kota ini dapat mendengarkan BBC Radio Leicester pada Jumat pagi.

Baca Juga

Sesuai dengan panduan pemerintah, lembaga-lembaga keagamaan sekarang telah ditutup untuk umum, termasuk banyak masjid di seluruh kota. Perubahan itu telah memengaruhi rutinitas harian banyak Muslim yang menghadiri masjid secara teratur untuk beribadah.

Sekarang, di samping kebaktian mingguan Kristen yang disiarkan secara lokal pada Ahad, pendengar Muslim akan mendengarkan khutbah shalat Jumat yang memiliki makna khusus dalam Islam pada hari Jumat. Acara ini akan disiarkan setiap Jumat pukul 05.50 waktu setempat.

 

Nantinya, imam yang akan memimpin siaran berbeda-beda. Ia akan membaca sebuah ayat dari Alquran atau hadits Nabi. Kemudian, imam akan menerjemahkannya dan berbicara tentang relevansinya dengan peristiwa pada masa kini diikuti dengan doa selama satu menit.

Seorang imam senior di Leeds, Qari Asim MBE, akan menjadi penyiar pertama memimpin layanan pekanan. "Radio lokal tentang menghubungkan komunitas dan kami berharap refleksi pekanan ini akan membantu Muslim merasakan rasa kebersamaan saat mereka mengisolasi diri," ujar Kepala BBC Local Radio Chris Burns dilansir di Leicester Mercury, Kamis (2/4).

Banyak Muslim akan merasakan kehampaan dalam kehidupan mereka ketika mereka tidak lagi melaksanakan shalat seperti biasanya. Perasaan ini makin meningkat ketika Ramadhan tiba.

Saat ini banyak Muslim memutuskan shalat di rumah. Bagi sebagian orang, shalat jamaah di masjid akan terlewatkan, terutama selama Ramadhan.

Editor berita di BBC England Neila Butt mengatakan, iman adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan orang-orang. Mereka ingin sebanyak mungkin orang dapat beribadah terlepas dari semua yang terjadi. Ceramah keagamaan akan disiarkan di 14 stasiun radio lokal di seluruh Inggris, termasuk Leicester.

Siaran ulang juga akan tersedia untuk didengarkan di situs BBC Sounds. Tak hanya di Leicester, Stasiun radio BBC Coventry dan Warwickshire akan mulai menyiarkan slot ceramah agama untuk Muslim mulai Jumat (3/4).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement