Jumat 03 Apr 2020 03:25 WIB

Malaysia Pulangkan Warganya dari Sumatra

Sebanyak 160 warga Malaysia dipulangkan dari Sumatra

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Sebanyak 160 warga Malaysia dipulangkan dari Sumatra. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Aswaddy Hamid
Sebanyak 160 warga Malaysia dipulangkan dari Sumatra. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN - Pemerintah Malaysia memulangkan 160 orang warganya yang berada di Sumatra akibat mewabahnya virus corona (Covid -19) di berbagai negara. Pemulangan dilakukan lewat kerja sama antara Konjen Malaysia di Medan, Malaysia Airlines, dan Persatuan Pelajar Malaysia di Indonesia, Medan (PKPMI Cawangan Medan).

"Pemulangan warga Malaysia sejalan dengan kebijakan lockdown yang dilakukan Kerajaan Malaysia sejak 18 Maret 2020 pascamerebaknya Covid-19," ujar Konsul Jenderal Malaysia di Medan, En Aiyub Omar, Kamis (2/4).

Baca Juga

Warga yang dipulangkan adalah warga Malaysia yang berada di berbagai daerah Sumatra yang ingin pulang ke Malaysia. Mereka dikumpulkan dan diberangkatkan dari Bandara Kualanamu, Kamis pada pukul 15.45 WIB.

Dari 160 warga Malaysia yang dipulangkan, sebanyak 14 orang adalah pekerja di Sumut dan 144 orang lainnya pelajar Malaysia yang ada di Sumatra. "Pemerintah Malaysia berharap Covid-19 berakhir segera sehingga hubungan dunia usaha dan lainnya antara Malah Malaysia – Indonesia kembali pulih" ujarnya.

En Aiyub Omar tidak merinci berapa jumlah warga Malaysia di Sumatra dan berapa yang pulang ke Malaysia pascawabah Covid-19. Namun, katanya, sudah ada yang pulang sendiri dan akan ada pemulangan secara bersama-sama lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement