Jumat 03 Apr 2020 01:06 WIB

LK2PK Apresiasi Menteri BUMN Peduli pada Tenaga Medis

LK2PK Apresiasi Kepedulian Erick Thohir Terhadap Tenaga Medis

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Gotong royong hadapi virus corona diserukan Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: BUMN
Gotong royong hadapi virus corona diserukan Menteri BUMN Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Lembaga Kajian dan Konsultasi Pembangunan Kesehayan (LK2PK), dr. Ardiansyah Bahar mengapresiasi Kementerian BUMN dibawah pimpinan Erick Thohir yang telah memberikan perhatian kepada para tenaga medis dalam berjuang melawan wabah virus corona (Covid-19). Ardiansyah mengatakan, tenaga medis memang merupakan kelompok yang paling rawan ditulari Covid-19 tersebut.

Ardiansyah mengapresiasi Kementerian BUMN telah melakukan inisiatif dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid 19. Terbaru, Bank Mandiri sebagai salah satu BUMN terbesar menyiapkan perlindungan asuransi dengan total pertanggungan hingga Rp 1 triliun bagi tenaga kesehatan. 

Baca Juga

Asuransi ini diberikan melalui Perusahaan anak AXA Mandiri Financial Services. Pemberian asuransi secara simbolis telah dilakukan oleh Direktur Utama Bank Mandiri, Royke Tumilaar, kepada Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Daeng M. Faqih, disaksikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, dan Direktur Kepatuhan AXA Mandiri, Rudy Kamdani.

"Penyediaan asuransi bagi tenaga kesehatan adalah salah satu bentuk perlindungan kepada tenaga kesehatan yang berjuang," kata Ardiansyah Bahar, Kamis (2/4).

Menurutnya, Kementerian BUMN telah memperhatikan nasib para tenaga kesehatan yang sedang berjuang melawan virus Corona di lapangan. Dia berharap langkah ini dapat ditiru oleh instansi lainnya.

"Petugas kesehatan adalah para pahlawan kita yang mempertaruhkan kesehatan dan nyawanya di medan pertempuran pandemi ini. Sepatutnya kita saling bahu membahu untuk memberikan support dalam berbagai bentuk sesuai kemampuan kita. Langkah yang dilakukan Kementerian BUMN tentu patut diapresiasi," Jelas Ardi.

 

Selain itu, dia juga mengingatkan kepada pemerintah untuk mendeklarasikan perang total kepada virus Corona ini. Langkah-langkah yang harus ditempuh diantaranya, pembatasan sosial berskala besar dengan ketegasan oleh pemerintah serta karantina rumah yang dilakukan secara sukarela oleh masyarakat.  "Selain it harus ada penerapan tes masif dan menjamin ketersediaan APD bagi petugas medis hingga transparansi data terkait kasus Covid 19," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement