Kamis 02 Apr 2020 16:11 WIB

Thomas Mueller Nyaris ke Hoffenheim Sebelum Sukses di Bayern

Thomas Mueller hampir meninggalkan Bayern Muenchen menuju Hoffenheim pada 2008.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Gelandang Bayern Muenchen, Thomas Mueller hampir pindah ke Hoffenheim pada 2008.
Foto: EPA/Friedemann Vogel
Gelandang Bayern Muenchen, Thomas Mueller hampir pindah ke Hoffenheim pada 2008.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Thomas Mueller bisa jadi dikenal sebagai bintang Hoffenheim daripada Bayern Muenchen. Namun, garis tangan membuatnya kini masyhur sebagai salah satu pilar Bayern Muenchen dan timnas Jerman.

Mueller menghabiskan seluruh kariernya di Muenchen setelah masuk lewat akademi. Namun, saat remaja, Mueller hampir meninggalkan FC Hollywood menuju Hoffenheim. 

Baca Juga

Kisah ini diungkap oleh Ralf Rangnick. Ia mengaku pernah hampir membawa Mueller saat masih jadi pelatih Hoffenheim pada 2008. 

"Pada 2008, kami telah mencapai kesekapatan dengan Thomas Mueller dan agennya, Ludwig Kogl," kata Rangnick, dikutip dari Marca, Kamis (2/4).

Saat itu, harga Mueller masih tiga juta euro berdasarkan keterangan Direktur Olahraga Bayern Uli Hoeness. Namun, dalam sesi dengar pendapat, bos akademi Muenchen Hermann Gerland mengintervensi dan menghentikan transfer penyerang andalan the Bavarian tersebut.

Keputusan Hermann itu terbukti tepat. Setahun setelahnya, pemain internasional Jerman itu mendapatkan debutnya di tim senior, setelah Louis van Gaal ditunjuk sebagai pelatih utama. Mueller pun tampil dalam hampir setiap pertandingan, saat Muenchen memenangkan gelar Bundeliga dan Piala Liga, serta mencapai final Liga Champions.

Setelah itu, Mueller pun dipanggil oleh tim nasional Jerman pada Piala Dunia 2010. Ia langsung mencetak enam gol, saat Jerman finis di posisi ketiga. Mueller mencetak 23 gol pada musim 2012/13, saat Muenchen meraih treble winner, yaitu Bundesliga, Piala Liga dan Liga Champions. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement