Kamis 02 Apr 2020 15:23 WIB

Beruang Himalaya Muncul di Area Permukiman Warga India

Biasanya beruang Himalaya berhibernasi di area hutan hingga akhir April.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Beruang Humalaya.
Foto: wikipedia.
Beruang Humalaya.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Seekor beruang Himalaya dilaporkan muncul dan berkelana di Gangtok, Ibu Kota Sikkim, negara bagian di India pada awal tahun ini. Fenomena yang sangat langka tersebut langsung menghebohkan banyak orang yang tidak menyangka dengan adanya kehadiran hewan liar di area sekitar permukiman manusia.

Biasanya beruang Himalaya berhibernasi di area hutan di wilayah utara India yang berbukit hingga akhir April. Karena itu, kemunculan seekor beruang pada awal tahun ini di Gangtok sangat mengejutkan. Terlebih, ada laporan hewan tersebut menyerang seorang pria di wilayah kota ini.

Baca Juga

Pria yang diserang oleh beruang ini diketahui bernama Arvind Yadav. Ia dilaporkan mengalami luka yang cukup dalam di bagian kepala dan tubuh, namun beruntung berhasil diselamatkan.

Beruang Himalaya tersebut juga berhasil ditangkap setelah operasi penyelamatan dilakukan oleh departemen satwa liar India bersama dengan kepolisian selama 12 jam. Hewan ini ditembak dengan panah bius dan dikembalikan ke habitat asalnya.

Beruang Himalaya merupaan salah satu hewan yang terancam punah di India. Selain itu, berada dalam daftar hewan-hewan serupa yang perlu dikonservasi di negara itu adalah musang, rusa, bison, dan banteng biru Asia.

Kasus hewan liar yang hampir punah datang ke area permukiman manusia juga tidak terjadi pertama kalinya di India. Pekan lalu banteng biru Asia terlihat berada di salah satu wilayah negara bagian, tepatnya di jalan raya yang sibuk.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement