Kamis 02 Apr 2020 08:24 WIB

McDonald's Indonesia Tutup Layanan Makan di Tempat Dua Pekan

Pengunjung masih bisa memesan makanan melalui layanan pesan antar dan drive thru.

Rep: Novita Intan/ Red: Nora Azizah
Gerai makanan cepat saji, McDonald's menutup layanan makan di tempat (dine in) selama dua pekan (Foto: ilustrasi McDonalds)
Foto: Nora Azizah/Republika
Gerai makanan cepat saji, McDonald's menutup layanan makan di tempat (dine in) selama dua pekan (Foto: ilustrasi McDonalds)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Gerai makanan cepat saji, McDonald's menutup layanan makan di tempat (dine in) selama dua pekan. Penutupan dilakukan mulai 1 April 2020. 

Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka, mengatakan, langkah tersebut dilakukan untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran virus Covid-19. Pihaknya berpartisipasi membatasi ruang kumpul masyarakat.

Baca Juga

“Kami sangat mendukung pemerintah yang berupaya mencegah penyebaran Covid-19 dengan pembatasan sosial berskala besar dan kami lakukan dengan membatasi ruang berkumpul masyarakat di tengah pandemi ini," ujarnya dalam keterangan tulis di Jakarta, Kamis (2/4).

Sutji menjelaskan kebijakan itu berlaku seluruh McDonald's di seluruh Indonesia. Adapun waktu penutupan layanan makan di tempat bisa berubah dengan mempertimbangkan perkembabgan situasi darurat virus corona yang ditetapkan pemerintah.

 

Meski demikian, Sutji memastikan gerai McDonald's tak sepenuhnya tutup. Sebab, perusahaan masih melayani layanan Drive Thru, take away (dibungkus) dan pengantaran atau delivery.

Langkah ini sebagai upaya memastikan kebersihan layanan yang diberikan oleh perusahaan lebih optimal dan memperketat prosedur operasional standar. 

"Kami meningkatkan kebersihan dan menerapkan layanan contactless, yakni contactless serving take away, contactless drive Thru dan contactless McDelivery," katanya.

Untuk layanan McDelivery, misalnya, perusahaan mewajibkan pengiriman makanan di antar dengan tidak melakukan kontak fisik sama sekali antara konsumen dan kurir. Artinya konsumen dapat mengambil sendiri pesanan langsung di dalam boks McDelivery.

Sedangkan untuk pembayaran, pengemudi akan menyiapkan dua kantong plastik. Satu kantong untuk pembayaran, satu sisanya untuk uang kembali. Sementara seluruh kru dan pemasok bahan baku, mereka diwajibkan melalui pengecekan suhu tubuh sebanyak dua kali sehari. 

"Pengecekan dilakukan sebelum bekerja dan setelah istirahat. Kru juga diimbau untuk selalu mencuci tangan agar terhindar dari virus corona," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement