Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Muluskan MotoGP 2021, Kemenpora Gandeng Banyak Pihak

Kamis 02 Apr 2020 06:23 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Hiru Muhammad

Kawasan Sirkuit Mandalika MotoGP 2021.

Kawasan Sirkuit Mandalika MotoGP 2021.

Foto: AHMAD SUBAIDI/ANTARA FOTO
Pembangunan lintasan sirkuit Mandalika ditargetkan rampung 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI terus berkoordinasi dengan berbagai pihak mulai dari sesama kementerian, penyelenggara MotoGP dan pengelola sirkuit Mandalika untuk memuluskan langkah Indonesia menggelar MotoGP, 2021 mendatang. 

Sekretaris Kemenpora RI, Gatot S Dewa Broto mengatakan, koordinasi tidak terganggu meski pemangku kebijakan belum dapat bertatap muka karena pandemi Covid-19. "Koordinasi internal (Kemenpora) dan berbagai pihak jalan terus," katanya, Rabu (1/4).

Gatot mengatakan, saat ini pembangunan sirkuit di kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Timur itu berfokus pada infrastruktur melalui Kementerian PUPR. Ditargetkan, lintasan sepanjang 4,3 km tersebut rampung pada akhir 2020.

Di sisi lain pihak Indonesia yang diwakili PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) optimistis dapat membangun sirkuit plus menggelar balapan tepat waktu. Meski tengah diterpa pandemi Covid-19, target sirkuit rampung pada akhir 2020 tetap berlaku. 

Saat ini pembangunan sirkuit telah mencapai total 30 persen, dengan berfokus pada ground work atau pekerjaan tanah yang sudah menyentuh 80 persen. Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, proses pembangunan Sirkuit Mandalika terus berlangsung dan berjalan normal sesuai rencana.

"Kami juga memastikan bahwa pengerjaan proyek Sirkuit Mandalika ini dilaksanakan dengan selalu mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang dikeluarkan pemerintah, yaitu  menjaga sanitasi lingkungan, pemeriksaan suhu tubuh, membiasakan mencuci tangan, penggunaan APD serta penerapan physical distancing," katanya.

Ia menyampaikan, pembangunan sirkuit Mandalika dilakukan dengan teliti dan detil sesuai tahapan. Konstruksi juga menuntut tingkat presisi pekerjaan yang tinggi agar sesuai dengan standar yang dibuat Organisasi Balap Motor Internasional (FIM). Serta memenuhi harapan Dorna agar menjadikan sirkuit Mandalika sebagai acuan trek jalan raya yang memiliki tingkat keamanan tinggi.

“Kami berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan semua pihak kepada kami. Pembangunan Sirkuit Mandalika, sebagai salah satu elemen utama dalam penyelenggaraan MotoGP pada 2021 mendatang, dapat berjalan lancar sesuai jadwal yang direncanakan berkat adanya dukungan dari pemerintah pusat, melalui kementerian dan lembaga terkait, dukungan pemerintah daerah, serta sinergi BUMN,” ujar dia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA