Rabu 01 Apr 2020 19:26 WIB

Rumah Zakat-Indosat Berdayakan Ekonomi Warga Rokan Hulu

Corona berdampak penurunan pendapatan masyarakat menengah ke bawah.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Gita Amanda
Rumah Zakat dan Indosat bantu masyarakat di Rokan Hulu.
Foto: rumahzakat.org
Rumah Zakat dan Indosat bantu masyarakat di Rokan Hulu.

REPUBLIKA.CO.ID, ROKAN HULU -- Rumah Zakat bekerja sama dengan ZIS Indosat mendukung terlaksananya program pemberdayaan ekonomi melalui pertanian di Desa Berdaya Kepenuhan Barat Mulia, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Wabah virus corona masih terus melanda, membuat masyarakat terpaksa untuk menghentikan pekerjaan mereka dengan tujuan untuk menghindari penularan lebih luas. Akibatnya, masyarakat menengah ke bawah mengalami penurunan pendapatan ekonomi dari hari biasanya.

Baca Juga

Ditengah pandemi corona yang sedang terjadi, Program Desa Berdaya menjadi salah satu bukti kepedulian ZIS Indosat terhadap perkembangan masyarakat Desa. Kedua lembaga ini memberikan bantuan kepada seorang warga, Syamsudin. Syamsudin aktif bekerja di perkebunan cabe. 

Selama satu bulan belakangan ini Syamsudin menjalani masa panen cabai. Dia juga memanfaatkan kembali lahan pekarangan rumahnya untuk berkebun buah-buahan berupa melon dan cabai yang

ditanam dengan sistem tanam tumpang sari.

Saat berkunjung, Basrul selaku fasilitator Desa Berdaya melihat kondisi kebun tumpang sari Syamsudin yang subur. Bahkan pohon melonnya sudah berbunga, dan diprediksi awal Ramadhan 1441 H nanti sudah bisa dipanen.

“Terima kasih ZIS Indosat dan Rumah Zakat saya terus didampingi untuk berusaha dan

mengembangkan usaha kebun saya sehingga lebih produktif dan meningkatkan keuntungan,” ujar Syamsudin dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (1/4).

Rumah Zakat terus berusaha memberdayakan masyarakat. Sehingga masyarakat bisa terus produktif dan tetap memiliki pendapatan ekonomi di tengah pandemi corona yang sedang terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement