Rabu 01 Apr 2020 17:17 WIB

Jubir: Pemerintah akan Lebih Agresif Temukan Kasus Corona

Pemerintah telah menyiapkan 360 rumah sakit rujukan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, pemerintah akan lebih agresif untuk menemukan kasus baru. Pemerintah akan berusaha keras untuk mencegah penularan lebih meluas wabah tersebut.

"Komitmen ke depan akan lebih agresif lagi, isolasi lakukan untuk memutus rantai penularan lebih luas di masyarakat," kata Yuri dalam konferensi persnya di gedung Graha BNPB Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Yuri mengatakan, agar lebih cepat mendeteksi kasus baru Covid-19, pemerintah  mempersiapkan 360 rumah sakit rujukan, baik dari pemerintah, TNI, Polri, BUMN dan swasta.

Selain itu, pemerintah mengerahkan 5.000 petugas kesehatan untuk menyelidiki epidemiologi kontak yang terlibat dengan kasus pasien positif.

Sedikitnya, 4.750 kit rapid test telah didistribusikan ke berbagai daerah sebagai langkah pengecekanawal untuk menemukan kasus positif.

Kemudian, 6.500 sampel uji kasus telah dikirim pemerintah ke-34 laboratorium di seluruh Indonesia yang digunakan untuk menguji dan menentukan diagnosa.

"Ini akan memakan energi dan sumber daya manusia yang banyak dan ini akan terus dilakukan," ujar Yuri.

Yuri juga berpesan agar masyarakat semakin taat mengikuti imbauan pemerintah baik pusat maupun daerah terkait "physical distancing" dan menjaga kebersihan tangan yang terbukti efektif mencegah penyebaran COVID-19.

Hingga Rabu (4/1) sore tercatat sebanyak 1.677 orang di Indonesia positif COVID-19, 103 orang di antaranya sembuh, sedangkan untuk pasien COVID-19 yang meninggal 157 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement