Rabu 01 Apr 2020 11:29 WIB

Chika dan Vika Warna Baru Layanan BPJS Kesehatan

Fitur Chika dan Vika diharapkan mampu membantu peserta JKN-KIS

Di tengah merebaknya virus corona, BPJS Kesehatan kembali menghadirkan inovasinya yang dapat dimanfaatkan peserta JKN-KIS yang ingin mengakses layanan kepesertaan JKN-KIS. Hadirnya layanan dalam fitur CHIKA dan VIKA diharapkan mampu membantu peserta JKN-KIS memenuhi kebutuhannya dalam kepesertaan Program JKN-KIS nya.
Foto: istimewa
Di tengah merebaknya virus corona, BPJS Kesehatan kembali menghadirkan inovasinya yang dapat dimanfaatkan peserta JKN-KIS yang ingin mengakses layanan kepesertaan JKN-KIS. Hadirnya layanan dalam fitur CHIKA dan VIKA diharapkan mampu membantu peserta JKN-KIS memenuhi kebutuhannya dalam kepesertaan Program JKN-KIS nya.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG –- Di tengah merebaknya virus corona, BPJS Kesehatan kembali menghadirkan inovasinya yang dapat dimanfaatkan peserta JKN-KIS yang ingin mengakses layanan kepesertaan JKN-KIS. Hadirnya layanan dalam fitur CHIKA dan VIKA diharapkan mampu membantu peserta JKN-KIS memenuhi kebutuhannya dalam kepesertaan Program JKN-KIS nya.

CHIKA merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon Artificial Inteligence (AI). CHIKA dapat memberikan informasi seperti cek status peserta, cek tagihan BPJS Kesehatan, lokasi fasilitas kesehatan, lokasi kantor cabang BPJS Kesehatan, ubah data peserta, dan registrasi peserta. 

Adapun Fitur CHIKA ini dapat diakses melalui beberapa media sosial seperti Facebook Messenger, Telegram, dan Whatsapp. "Kali ini, kami perkenalkan inovasi terbaru CHIKA dan VIKA yang dapat diakses oleh peserta JKN-KIS dimanapun dan kapanpun. Apalagi, saat ini marak virus crona yang mengharuskan masyarakat untuk berdiam di rumah, dengan adanya inovasi yang kami berikan, peserta JKN-KIS sudah tidak perlu datang ke kantot untuk mendapatkan pelayanan, karena mereka dapat mengaksesnya lewat layanan CHIKA dan VIKA," Kepala BPJS Kesehatan Cabang Karawang, Debbie Nianta Musigiasari, Selasa (31/03).

Selain CHIKA, adapula layanan VIKA yang merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Debbie menyebut bahwa memasuki era teknologi, seluruh masyarakat mendambakan mengakses keperluan hanya lewat smartphone saja. Dengan adanya media sosial, Debbie menganggap masyarakat dapa mampu memenuhi kebutuhannya tanpa harus keluar rumah.

“Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan seluruh peserta JKN-KIS, karena zaman sekarang sudah hampir semua kalangan memiliki media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Telegram. Apalagi di masa sekarang ini, masyarakat dihimbau lebih baik di rumah saja untuk menghindari penyebaran Covid-19, fitur ini tentunya menjadi salah satu solusi yang menjadi jawaban bagi peserta JKN-KIS yang sedang membutuhkan informasi kepesertaan JKN-KIS,” kata Debbie.

Di sisi lain, penerapan CHIKA dan VIKA ini telah nyata dapat dirasakan langsung oleh salah satu peserta JKN-KIS, Grace (17). Sebagai salah satu penikmat media sosial, menurutnya fitur CHIKA ini memberi warna yang cukup menarik bagi anak muda karena dapat memahami Program JKN-KIS melalui penjelasan-penjelasan yang ada di laman fitur CHIKA.

“Saya mencoba berinteraksi dengan CHIKA, responnya sangat cepat, penjelasannya  cukup memberikan saya informasi. Bagi saya ini sangat menarik karena sangat efektif dari segi biaya dan waktu, sangat mudah diakses kapanpun dan dimanapun, pastinya saya akan merekomendasikan fitur ini ke keluarga dan teman-teman saya,” kata Grace.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement