Selasa 31 Mar 2020 18:28 WIB

Wapres Imbau Muslim yang Mampu Percepat Bayar Zakat

Ma'ruf juga mengimbau masyarakat mampu memberikan infak kepada masyarakat di sekitar.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus Yulianto
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Foto: dok. KIP/Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau umat Islam yang mampu agar mempercepat pembayaran zakat dari harta yang dimilikinya sebelum Ramadhan. Ma'ruf berharap, muslim yang mampu untuk membantu masyarakat tidak mampu yang terdampak pandemi Covid-19.

"Khusus bagi umat Islam, saya kira saat ini tepat sekali terutamanya bagi orang-orang kaya yang biasa keluarkan zakatnya pada setiap Ramadhan sebaiknya dimajukan waktunya. Pada sekarang ini sangat tepat karena masyarakat sangat membutuhkan," ujar Ma'ruf saat video conference dengan wartawan, Selasa (31/3).

Ma'ruf pun meminta agar badan amil zakat (BAZ) baik pusat dan daerah untuk menyosialisasikan pemungutan dan pengumpulan zakat agar segera diberikan ke masyarakat kurang mampu.

"Dimulai pada saat ini untuk segera kita salurkan dan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan, para mustahiq," ujar Ma'ruf.

Selain zakat, Ma'ruf juga mengimbau masyarakat mampu memberikan infak kepada masyarakat di sekitarnya yang sedang membutuhkan. "Islam mengajarkan siapa yang punya kelebihan, supaya dia membagikan menyedekahkan kelebihan wakaf kepada orang lain. Pada saat inilah kita sesuai dengan kebutuhan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement