Senin 30 Mar 2020 21:26 WIB

Corona dan Stigmatisasi Negatif terhadap Islam dan Muslim

Media Barat melakukan stigma negatif terhadap Islam dan Muslim dalam wabah Corona.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Media Barat melakukan stigma negatif terhadap Islam dan Muslim dalam wabah Corona.  Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Media Barat melakukan stigma negatif terhadap Islam dan Muslim dalam wabah Corona. Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA – Media 5pillarsuk.com memuat artikel analisa yang membahas mengenai media Barat yang memuat pemberitaan virus corona dengan pencitraan negatif umat Islam.

Di tengah liputan berita tanpa henti dari media global tentang pandemi Coronavirus, sejumlah media telah muncul dengan keluaran yang dipertanyakan. Mereka menghubungkan baik secara tersirat dan eksplisit antara penyebaran virus dan individu-individu Muslim. 

Baca Juga

Seperti larangan Presiden AS Donal Trump pada pelancong dari Uni Eropa, New York Times dengan mencolok memunculkan pada halaman depan mereka dengan foto-foto masjid dari non-UE yang terkenal buruk, dan hanya sebagian kota Istanbul di Eropa. Berita BBC juga memanfaatkan foto-foto wanita Muslim yang terlihat dalam artikel mereka tentang pandemi ini. 

Karena kurangnya suara yang mengenakan jilbab di media arus utama, gelombang perwakilan yang tiba-tiba ini semakin dipertanyakan. 

Yang paling kontroversial, The Economist menerbitkan cerita yang sekarang dihapus dengan judul, “Kedatangan covid-19 sudah diprediksi. Penyebaran Islam radikal lebih mengejutkan”.

Insiden lain terkait hal itu muncul ketika BBC mengundang mantan pemimpin UKIP Nigel Farage ke Newsnight untuk berbicara tentang virus. 

Awalnya mungkin tidak ada hubungan antara pandemi dan Muslim, atau keahlian seseorang yang telah membangun karier di sekitar xenofobia dan keahlian yang diperlukan untuk membahas virus, dua teori ilmiah dapat menyoroti hubungan di antara mereka. 

Teori Dasar Moral (MFT) dan Teori Stres Parasit PST

'Menurut teori MFT  bahwa ada lima nilai moral inti kepedulian, keadilan, otoritas, loyalitas, dan kemurnian. Ini dapat dibatasi menjadi dua subkelompok, satu kelompok berfokus pada bagaimana individu memperlakukan satu sama lain (kepedulian dan keadilan), sementara yang lain berkaitan dengan dinamika tingkat kelompok (otoritas, loyalitas dan kemurnian). 

Perbedaan tingkat kelompok ditemukan mengenai sifat-sifat ini, misalnya, ketika membandingkan pengelompokan politik sayap kanan dan kiri. Biasanya, individu yang condong ke kiri mendapat nilai tinggi dalam hal kepedulian dan keadilan, tetapi rendah pada yang lainnya, sedangkan mereka yang memiliki kecenderungan sayap kanan memiliki skor tinggi pada kelima nilai. 

Menempatkan MFT di kasus ini dapat membantu kita memahami mengapa kaum konservatif cenderung kurang ramah terhadap orang luar, pentingnya mereka menempatkan pada kesetiaan dalam kelompok, dan penghormatan terhadap tradisi dan budaya dapat meredam kepedulian yang mereka ungkapkan kepada orang lain dengan cara yang kurang lazim terlihat di kalangan kaum liberal. Nilai moral yang paling relevan untuk diskusi ini adalah kemurnian. 

Kemurnian, yang juga disebut sebagai kesucian, diyakini telah berevolusi secara khusus untuk membela komunitas dari patogen. Hal ini juga terkait dengan dorongan untuk menjaga kesucian komunitas dari polusi luar dan perlindungan dari mikroba dan parasit yang berbahaya, tetapi juga mendorong konsep seperti tabu. 

Ini adalah salah satu variabel penjelas dalam memahami mengapa penolakan terhadap anggota kelompok luar bisa begitu agresif, dan fenomena seperti xenofobia dan rasisme dapat terbukti ganas.

photo
Suasana sepi Masjid Istiqlal karena tidak diadakanya Shalat Jumat di Jakarta, Jumat (20/3). Masjid Istiqlal tidak menggelar Shalat Jumat sesuai kebijakan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pemerintah Pusat dan daerah untuk mengurangi penyebaran Corona atau Covid-19, namun menggelar Shalat Zuhur berjamaah. Putra M. Akbar/Republika - (Putra M. Akbar/Republika)

Pada dasarnya, reaksi terhadap orang-orang yang dianggap sebagai orang luar dapat terlihat pada sikap menjijikkan terhadap orang asing, seperti reaksi yang digerakkan ketika kesucian tubuh seseorang dilanggar oleh patogen asing.

Teori PST menyatakan bahwa ancaman patogen sangat membentuk banyak aspek masyarakat dan cara para anggotanya berinteraksi satu sama lain. Secara signifikan, dalam kelompok yang mengembangkan norma-norma yang lebih ketat dan nilai-nilai yang lebih menonjol mengurangi penularan patogenik.  

Sebagian karena mereka lebih cenderung mempertahankan hubungan yang kuat dengan anggota dalam kelompok, sambil menghindari orang luar. 

Ketika seseorang merenungkan pernikahan PST, dan nilai moral kesucian , dampak potensial yang mungkin dimiliki Virus Corona terhadap kognisi dan perilaku sosial menjadi jelas. Ini juga mungkin menjelaskan mengapa kisah-kisah yang berkaitan dengan pandemi corona mungkin telah memicu penggunaan gambar-gambar Muslim oleh media.  

Nilai kemurnian dapat melihat baik virus Corona dan Muslim sebagai ancaman asing, di antara mereka yang menonjol atau laten, sadar atau tidak sadar adalah Islamofobia. 

Untuk secara tegas mengklaim bahwa keputusan editorial dibuat untuk menghubungkan keduanya akan menjadi kontroversial. Tidak terlalu kontroversial, dapat dikatakan bahwa suatu proses bawah sadar terjadi di antara para pembuat keputusan dalam media ini, diperlunak oleh bertahun-tahun pengiriman pesan media yang tanpa henti dan tajam, yang selalu menyebut Muslim dan Islam sebagai asing, mengancam dan parasit, Islamofobia oleh osmosis.  

Memang, Noam Chomsky adalah salah satu dari mereka yang mengusulkan individu yang bekerja di media melalui proses swa-sensor , di mana mereka mengadopsi posisi yang diinginkan yang memungkinkan mereka untuk maju dalam bidang ini.

Di mana ini menjadi lebih bermasalah adalah ketika kita mempertimbangkan potensi penguatan bagi konsumen dari gambar media ini, bias dalam ruang redaksi akan mengalir ke dunia yang lebih luas, berdampak pada semua orang yang mengonsumsi pengaruh ini. 

Gambaran yang digunakan media arus utama adalah indikasi kesiapan suara yang signifikan untuk menghubungkan ketakutan mereka terhadap virus dengan ketakutan, kecurigaan atau ketidaksukaan mereka terhadap Muslim lainnya, secara sadar atau tidak sadar. 

Pesan yang digunakan media yang disebutkan dalam artikel ini mencerminkan hubungan yang lebih eksplisit dan tidak dapat disangkal didorong dalam kaitannya dengan Islam, Muslim, dan virulensi. Dengan semakin meningkatnya Islamofobia, antisemitisme, dan varian lain dari kebencian terhadap kelompok, wawasan ini tidak menjadi pertanda baik bagi minoritas agama dan etnis di Barat.

  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement