Senin 30 Mar 2020 20:57 WIB

100 ribu APD akan Tiba Hari Ini

Gugus tugas telah menyalurkan sekitar 165 ribu unit APD ke seluruh Indonesia.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo (tengah).
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah tengah menyiapkan ratusan ribu alat pelindung diri (APD) untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis di berbagai rumah sakit di daerah. Menurut Kepala BNPB Doni Monardo, sebanyak 100 ribu APD pun direncanakan akan tiba hari ini.

Sebelumnya Gugus Tugas telah menyalurkan sekitar 165 ribu unit APD ke seluruh Indonesia, khususnya ke Jakarta.

Baca Juga

“Gugus tugas telah menyalurkan sekitar 165 ribu unit APD ke seluruh Indonesia. Terutama di Kota Jakarta. Kemudian juga hari ini mudah-mudahan kalau tidak ada hambatan, akan tiba 100 ribu unit lagi APD dari industri tekstil yang sama,” jelas Doni saat konferensi pers, Senin (30/3).

Berdasarkan laporan dari Menteri Perindustrian, terdapat 28 industri tekstil yang nantinya akan memproduksi APD, meskipun sebagian besar bahan bakunya berasal dari impor.

Seharusnya APD yang dibuat tersebut diperuntukan sebagai ekspor. Namun, pemerintah akan memprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Berdasarkan hasil koordinasi dari beberapa menteri terutama menteri luar negeri dan menteri lainnya ada kesepakatan bahwa kita juga mendapatkan hak dan prioritas untuk memenuhi kebutuhan domestik,” jelas Doni

Masalah APD ini memang menjadi masalah global, bukan hanya di Indonesia. Selain itu, pemerintah juga akan memastikan ketersediaan kebutuhan kesehatan lainnya, seperti masker, hand sanitizer, dan disinfektan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement