Ahad 29 Mar 2020 07:16 WIB

Ini Enam Saran Sekjen MUI Atasi Corona

Sangat diharapkan para politikus, pimpinan partai dan pemerintah bisa sepakat.

Rep: Ali Mansur/ Red: Andi Nur Aminah
Sekjen MUI Anwar Abbas.
Foto: darmawan / republika
Sekjen MUI Anwar Abbas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menegaskan semua rakyat Indonesia tak terkecuali harus kompak dan bersatu di tengah-tengah wabah Corona. Untuk itu sangat diharapkan agar para politikus, pimpinan partai dan pemerintah di negeri ini bisa sepakat.

"Agar kita sebagai bangsa dapat menghentikan dan memutus mata rantai penularan virus ini secepatnya dan dengan sebaik-baiknya," tegas Anwar Abbas dalam pesan singkatnya kepada Republika.co.id, Ahad (29/3).

Baca Juga

Oleh karena itu, Anwar mengusulkan enam saran yang patut untuk dipertimbangkan dan disepakati oleh para politikus dan pemerintah. Pertama, melakukan total lockdown di seluruh negeri dan atau local lockdown untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan pertimbangan dari para ahli.

"Kedua melakukan realokasi terhadap seluruh dan atau sebagian anggaran infrastruktur yang ada sekarang ini untuk dipergunakan bagi kepentingan memutus mata rantai penyebaran virus Corona," tutur Anwar Abbas.

Kemudian, ketiga adalah menunda penggunaan rencana anggaran pemindahan ibu kota untuk yang tahun 2020 ini seluruhnya dan atau sebagian. Dana tersebut dipergunakan untuk menolong ekonomi rakyat dan memulihkan perekonomian nasional. "Keempat, mengalihkan seluruh dan atau sebagian anggaran yang diperuntukkan bagi desa dan kelurahan bagi menolong rakyat setempat selama masa lockdown," tambahnya.

Selanjutnya, saran kelima, memanggil para pengusaha besar. Kemudian mewajibkan mereka untuk memberikan bantuan bagi penanganan kasus Corona. Tentunya juga untuk mengatasi persoalan ekonomi yang dialami oleh masyarakat lapis bawah. Terakhir, menindak dengan tegas siapa saja  yang tidak mematuhi anjuran dan ketentuan dari pemerintah tentang lockdown ini.

"Perlu dipertimbangkan oleh para politisi,  pimpinan partai dan  pemerintah agar bangsa ini dapat keluar dari masalahnya secepatnya. Sehingga kita bisa dan dapat kembali berkonsentrasi penuh untuk membangun dan memajukan negeri yang sama-sama kita cintai ini," tutup Anwar Abbas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement