Jumat 27 Mar 2020 23:34 WIB

RS Bhayangkara Sumbar Siapkan Fasilitas Penanganan Corona

Pihak RS Bhayangkara Sumbar sudah siapkan ruang isolasi meski belum ada ventilator

Petugas mempersiapkan alat medis ventilator di rumah sakit. Pihak RS Bhayangkara Sumbar sudah siapkan ruang isolasi meski belum ada ventilator
Foto: Thoudy Badai/Republika
Petugas mempersiapkan alat medis ventilator di rumah sakit. Pihak RS Bhayangkara Sumbar sudah siapkan ruang isolasi meski belum ada ventilator

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Sumatera Barat terus berupaya menyiapkan fasilitas kesehatan agar dapat menampung pasien COVID-19 yang ada di daerah itu.

Kabiddokkes Polda Sumatera Barat Kombes Pol dr Sucipto mengatakan peningkatan kualitas dan fasilitas tentu dilakukan agar rumah sakit ini dapat menampung pasien COVID-19.“Namun kita harus menyadari untuk penanganan pasien dalam kondisi berat mungkin belum bisa karena beberapa fasilitas penunjang belum kita miliki,” kata dia, Jumat (27/3).

Ia mengatakan saat ini pihaknya sudah menyediakan dua ruang isolasi namun untuk ketersediaan alat seperti ventilator dan alat rontgen untuk paru-paru belum ada.“Kalau pasien dalam kondisi berat belum dapat kita tangani namun kondisi ringan kita siap jika sekedar ruang isolasi,” kata dia

Ia mengatakan RS Bhayangkara memang memiliki ventilator untuk membantu pernafasan namun tidak untuk pasien COVID-19. Menurut dia apabila ventilator digunakan oleh pasien yang positif terkena COVID-19 maka alat tersebut tidak dapat digunakan oleh pasien lainnya.

“Kita butuh dua alat penunjang tersebut agar dapat menampung pasien COVID-19,” kata dia Menurut dia selama RSUP M Djamil maupun RS Unand yang memiliki fasilitas isolasi dan peralatan lengkap sebaiknya memang orang yang diduga terpapar virus dibawa ke sana dahulu.

“RS Bhayangkara sendiri saat ini masih dalam tahap renovasi dan alat-alat kesehatan masih belum lengkap namun pihaknya berupaya untuk melengkapi fasilitas tersebut,” kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement