Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Perhelatan PON 2020 Tergantung Situasi Corona

Jumat 27 Mar 2020 21:52 WIB

Red: Didi Purwadi

Menpora Zainudin Amali

Menpora Zainudin Amali

Foto: Republika/Prayogi
PON 2020 hingga kini masih berjalan sesuai rencana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengatakan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 hingga kini masih berjalan sesuai rencana meski adanya kekhawatiran pandemi COVID-19. Namun, Menpora tidak menapik PON 2020 bisa saja ditunda jika kondisi penyebaran virus corona semakin parah.

''Kita akan lihat lagi bagaimana perkembangan situasi pandemi ini dalam hitungan hari dan bulan ke depan,'' kata Zainudin dalam rekaman video yang diterima di Jakarta, Kamis (26/3), seperti dikutip dari Antara. ''Bila harus menunda, kami akan tunda.''

Baca Juga

Kemenpora akan terus melihat perkembangan situasi terlebih dahulu dalam hitungan hari dan bulan ke depan. Apabila kondisi semakin mereda serta persiapan PON tak terganggu, pesta olahraga nasional itu dipastikan akan digelar sesuai rencana awal, yakni pada 20 Oktober hingga 2 November mendatang.

Keputusan final, kata Menpora, akan diambil setelah pihaknya melakukan rapat bersama KONI Pusat. KONI Pusat juga diminta agar mendengarkan seluruh masukan dari KONI daerah dan cabang-cabang olahraga yang berpartisipasi dalam PON nanti, mengingat mereka telah mempersiapkannya sejak lama.

Kemenpora sejauh ini belum membuat keputusan apapun. Pelaksanaan PON 2020 masih berjalan sesuai rencana.

''Hingga sekarang, belum ada keputusan apapun. Sesuai arahan Presiden dalam Ratas terakhir, kami tetap on schedule," katanya.

Menpora juga tak menampik bahwa pandemi COVID-19 ini berpengaruh signifikan terhadap persiapan tim di dalam negeri, khususnya Pelatda (pelatihan daerah). Namun, ia menilai bahwa situasi saat ini tak dapat dihindari. Prioritas keselamatan para atlet, pelatih, ofisial, dan masyarakat akan menjadi pertimbangan utama dalam pengambilan keputusannya nanti.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA