Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Masjid Agung Mukomuko Tetap Gelar Sholat Jumat

Sabtu 28 Mar 2020 00:03 WIB

Red: Ani Nursalikah

Masjid Agung Mukomuko Tetap Gelar Sholat Jumat

Masjid Agung Mukomuko Tetap Gelar Sholat Jumat

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Masjid Agung Mukomuko menggelar sholat memperhatikan protokol kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Masjid Agung Baitul Huda Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tetap menggelar shalat Jumat, namun dengan menjalankan protokol kesehatan berupa penyediaan sabun untuk cuci tangan dan menutup karpet dengan kain putih bersih.

Pengurus Masjid Agung Baitul Huda Arinal Basri saat memberikan pengarahan mengatakan berdasarkan surat edaran dari bupati setempat terkait dengan Covid-19, lingkungan masjid harus bersih. Masjid Agung Baitul Huda juga menyediakan sabun untuk cuci tangan dan diharapkan jamaah membersihkan tangan sebelum mengambil air wudhu dan masuk masjid.

Pengurus juga menutup bagian atas karpet di dalam masjid menggunakan kain putih bersih. "Kain ini rutin dicuci untuk menjaga kebersihan dalam masjid ini," ujar Arinal, Jumat (27/3).

Selain itu, Arinal mengatakan, di depan pintu masuk semua masjid wajib menyediakan hand sanitizer untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus corona baru atau Covid-19. Ketua MUI Kabupaten Mukomuko Saikun mengatakan berpedoman dengan Fatwa MUI Nomor 14 kalau daerah sudah terjangkit wabah tidak usah menyelenggarakan shalat Jumat, tetapi diganti dengan shalat zhuhur di rumah masih-masing.

Tetapi kalau belum, seperti di Mukomuko, masih biasa shalat Jumat biasa. Orang yang sudah kena virus jangan ikut shalat Jumat karena nanti terpapar kepada yang lain. Dia shalat di rumah diganti shalat zhuhur.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA