Advertisement

Dampak Corona, Empat Pusat Perbelanjaan di Kota Bogor Tutup

Jumat 27 Mar 2020 17:27 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Empat mal di Kota Bogor tutup sementara untuk ikuti imbauan pemerintah

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sejumlah pusat perbelanjaan atau mal di Kota Bogor ditutup sementara untuk mendukung upaya antisipasi persebaran virus corona jenis baru atau Covid-19. Setidaknya, terdapat empat mal besar yakni Botani Square Mall, Mall BTM Bogor, Lippo Plaza Keboen Raya dan Lippo Plaza Ekalokasari Bogor.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menurunkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tidak mengeluarkan edaran untuk penutupan tempat perbelanjaan. Namun, dia menjelaskan, pihaknya hanya melakukan koordinasi agar jam operasional mal mulai dikurangi.

"Kota Bogor sudah mengkoordinasikan dengan pemilik mal untuk mengurangi aktivitas mall, Alhamdulillah direspon meskipun kita tidak mengeluarkan edaran penutupan tetapi oleh para pengelola mal direspon dengan baik," ucap Dedie, Jumat (27/3).

Dedie mengungkapkan, para pemilik mal menyadari bahwa pentingnya mengurangi interaksi antarorang di komunitas dan ruang publik (social distancing). Demikian, para pemilik mal lebih memilih untuk menutup mal sebagai upaya dukungan terhadap pemerintah untuk memerangi wabah Covid-19.

"Sudah tepat mereka menutup sementara aktivitas atau operasional mal," kata Dedie.

Kendati demikian, Dedie menyatakan, pihaknya tetap menyarankan agar tempat perbelanjaan yang menyediakan kebutuhan pokok dapat menjalankan operasional. Dengan catatan, sambung dia, jam operasional dapat dikurangi.

Selain itu, Dedie mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Pakuan Jaya. Dia meminta, aktivitas pasar yang dikelola PD Pasar Pakuan Jaya juga dapat dikurangi jam operasionalnya.

"Kita juga meminta PD Pasar untuk mengatur operasional pasar pasar, tidak bisa lagi pasar beroperasi 24 jam misalnya kan. Ini sedang kita koordinasikan dengan PD Pasar untuk mencari solusi suapaya perkembangan Covid-19 semakin ditekan," jelas dia.

Botani Square Mall telah menyatakan penutupan sementara mulai 26 Maret 2020 sampai 7 April 2020. Namun untuk Giant Supermarket dan sejumlah tetap tetap diperbolehkan beroperasi dengan jam operasional pukul 11.00 WIB - 20.00 WIB.

Mall BTM Bogor juga melakukan hal yang serupa. Mulai 28 Maret sampai 7 April, mal akan ditutup sementara waktu.

Kedua mal itu akan kembali dibuka pada 8 April 2020. Alasan penutupan tersebut, yakni sebagai upaya dukungan mal kepada pemerintah untuk memerangi persebaran Covid-19. Selain itu, penutupan juga demi kesehatan dan keselamatan pengunjung, tenant dan juga para pekerja mal.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA