Jumat 27 Mar 2020 12:55 WIB

De Jong Beberkan Alasannya Hijrah ke Barca

Kami berbicang di timnas U-19 Belanda, lalu dia meminta saya ke Ajax.

Rep: Rizky Surya/ Red: Muhammad Akbar
Frenkie de Jong
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Frenkie de Jong

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Frenkie de Jong mengungkap menerima masukan Abdelhak Nouri sebelum pindah dari Ajax Amsterdam ke Barcelona.

Nouri menggunakan kemampuan komunikasi yang masih minim untuk meyakinkan de Jong. Nouri mengalami cedera otak pada musim panas 2017 ketika laga persahabatan Ajax.

Dilaporkan pada Kamis (26/3) lalu, Nouri mulai meraih kesadaran setelah koma nyaris tiga tahun. 

Kesembuhan Nouri salah satunya didukung oleh program De Wereld Draait Door. Program itu berusaha menyadarkan Nouri lewat komunikasi dengan rekannya seperti de Jong.

De Jong menceritakan bahwa Nouri menjadi sosok yang lebih dulu meyakinkannya gabung ke Ajax ketimbang PSV Eindhoven. Ketika itu, de Jong masih berseragam klub Willem II.

"Pada waktu itu, saya memutuskan pergi dari Willem II. Kami berbicang di timnas U-19 Belanda, lalu dia meminta saya ke Ajax agar bisa main bersama," kenang de Jong dilansir dari Football Espana, Jumat (27/3).

Kemudian ketika akan hengkang dari Ajax, de Jong kembali meminta saran Nouri. Sebab de Jong bingung atas tawaran sejumlah klub.

"Ibu Nouri datang dan menanyakannya 'kemana Frenkie pergi?' ibunya menyebutkan nama-nama klub. Lalu Nouri memberi sinyal lewat alis saat disebutkan nama Barcelona," ujar de Jong.

De Jong merasa terharu pada momen tersebut. Ia akan selalu mengenangnya.

"Momen itu sangat berharga buat saya dan keluarganya," sebutnya.

Tercatat, de Jong tiba di Nou Camp pada Juni 2019 dengan banderol 75 juta euro. De Jong ternyaa langsung bisa beradaptasi sebagai gelandang La Blaugrana, meski disana sudah diisi banyak pemain bintang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement