Kamis 26 Mar 2020 23:15 WIB

Bantuan APD Bagi RS di Sulut Tiba

Alkes APD segera didistribukan ke rumah sakit yang membutuhkan

Prajurit TNI membawa kardus berisi Alat Perlindungan Diri (APD) untuk penanganan COVID-19 di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Kamis (26/3).
Foto: ANTARA/Adwit B Pramono
Prajurit TNI membawa kardus berisi Alat Perlindungan Diri (APD) untuk penanganan COVID-19 di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Kamis (26/3).

REPUBLIKA.CO.ID MANADO -- Pesawat CN-295/A-2907 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta yang membawa bantuan dari pusat berupa Alkes APD (alat kesehatan/alat pelindung diri) untuk penanggulangan COVID-19 di wilayah Sulawesi Utara (Sulut), tiba di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado, Kamis (26/3).

Siaran pers Dispen Lanudsridi Manado, Kamis, menyebutkan kedatangan pesawat tersebut disambut Komandan Lanudsri Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa, Danlantamal VIII Brigjen TNI (Mar) Donar Rompas, Kadis Kesehatan Sulut, Kaban BPBD Sulut dan perwakilan dari Kodam XIII/Merdeka.

Komandan Lanudsri Kolonel Pnb Johnny Sumaryana menjelaskan sebelum dilaksanakan loading logistik seluruh barang yang berada di dalam bagasi pesawat terlebih dahulu akan disterilkan dengan menggunakan cairan disinfektan oleh Rumkit Lanudsri yang bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Sam Ratulangi. Serta melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan cairan disinfektan terhadap semua crew pesawat. "Kegiatan yang dilaksanakan tersebut sudah kita sesuaikan dengan prosedur yang berdasarkan protokol kesehatan," katanya.

Setelah Alkes APD sebanyak 60 koli diturunkan dari pesawat, selanjutnya diserahterimakan kepada Kadis Kesehatan dan Kepala BPBD Sulut sebagai Ketua Gugus Tugas Pengendalian dan Penanganan COVID-19 di Sulawesi Utara oleh Komandan Lanudrsi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana. APD tersebut akan langsung didistribusikan ke rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di RSUP Sulawesi Utara, melalui pihak BPBD.

Sebelum rangkaian kegiatan dimulai, dilakukan penyemprotan cairan disinfektan kepada setiap personel Lanud Sam Ratulangi yang bertugas, serta sarana dan prasarana, dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19.

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement